Ramadan Ditengah Pandemi, Pengajian Kampung via ‘Live Streaming’

Editor: KRjogja/Gus

IMOGIRI, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 sudah mengubah pola hidup ditengah masyarakat. Ajuran pemerintah agar menjaga jarak, menghindari kerumuman sebagai langkah mencegah Covid -19 meluas. Kondisi tersebut tentu berimbas pada banyaknya kegiatan keagamaan di bulan Ramadan tahun ini yang ditiadakan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah terobosan agar kegiatan keagamaan di Bulan Ramadan berjalan tanpa melanggar anjuran pemerintah.

Seperti Takmir Masjid Adz Dzakirin Ngrancah Sriharjo Bantul. Pengurus takmir tetap berusaha menjalankan kegiatan Ramadan dengan konsep berbeda. “Takjilan, salat taraweh, pengajian tetap kami adakan dengan kemasan berbeda. Pengurus takmir berharap kemeriahan Ramadan harus terjaga agar warga semangat menjalankan ibadah,” ujar Penasihat Takmir Masjid Adz Dzakirin Ngrancah Sriharjo Imogiri, Sudadi didampingi Ketua Takmir, Sukamto disela pengajian via live streaming bersama Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih.

Sudadi mengatakan, kegiatan takjilan senin sampai sabtu digilir setiap RT. Kemudian untuk hari Minggu seluruh masyarakat Ngrancah mendapatkan makanan takjilan. “Sebelum program ini dijalankan takmir mendata setiap KK berapa anggota keluarga yang puasa data itu acuan kami membagikan nasi takjilan,” ujarnya.

Sistem pembagian nasi takjil diantar ke rumah masing-masing oleh relawan masjid dan juga muda-mudi Dusun Ngrancah. Sumber pendanaan untuk kegiatan pembagian takjil digalang dari iuran warga.

BERITA REKOMENDASI