Ramadan, Operasi Tiblantas Diintensifkan

BANTUL, KRJOGJA.com – Petugas Satlantas Polres Bantul, selama bulan Ramadan mengintensifkan operasi ketertiban lalu lintas (tiblantas) terhadap aksi balap liar sekaligus menertibkan penggunaan knalpot yang menyalahi aturan (knalpot blombongan). Selain untuk menjaga suasana aman dan nyaman bagi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa, operasi bertujuan untuk menciptakan ketertiban, kelancaran dan keamanan lalu lintas.

Beberapa pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm dan masker, oleh petugas diberi teguran. Sedangkan sepeda motor yang menggunakan knalpot blombongan dibawa ke Mapolres Bantul.
Pemilik kendaraan harus terlebih dahulu mengganti knalpot yang asli, baru diperbolehkan membawa sepeda motornya. Tak hanya itu, petugas juga memberikan sanksi bukti pelanggaran (tilang) kepada pelaku pelanggaran lalu lintas.

Operasi penertiban terhadap aksi balap liar dan knalpot blombongan dipimpin Kasat Lantas Polres Bantul AKP Amin Ruwito SE SIK, Kanit Laka Iptu Maryono SH, dan Kanit Turjawali Ipda Sigit. Dalam operasi yang dipusatkan di Simpang Empat Pegadaian Bantul, Sabtu (17/4/2021) malam petugas mengamankan 12 sepeda motor, sebagian karena menggunakan knalpot blombongan dan sebagian lagi karena perlengkapan kendaraan tidak lengkap.

“Petugas memberikan sanksi bukti pelanggaran (tilang) terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran,” jelas Amin Ruwito.

BERITA REKOMENDASI