Rawal Timbulkan Klaster Baru, Jangan Keburu Buka Sekolah

Dia menyampaikan sistem pendidikan yang masih dianggap ideal hingga Juli mendatang saat tahun ajaran baru masih tetap menggunakan kelas daring. Untuk sektor pariwisata, imbuhnya ia mengusulkan supaya tempat wisata tetap beraktivitas dan menerima kunjungan namun maksimal dibatasi 30 persen saja kuotanya. “Tentu wisata dengan protokol kesehatan. Yang penting roda perekonomian tetap bergerak dahulu jadi pembatasan itu penting,” tegasnya.

Sebagai upaya pengendalian Covid-19 supaya tidak semakin meluas, imbuhnya terus menerus dengan melakukan rapid tes PCR secara masif di daerah besar yang memiliki data kasus tinggi. Untuk memperpendek masa antara infeksi dan deteksi individu positif covid-19 melalui contact tracing diikuti test PCR yang lebih masif dan lebih cepat.
” Belajar dari Surabaya Raya, laju covid-19 menurun drastis setelah dilakukan contact tracing dan PCR test secara luas masif dan cepat,” ujar Rektor UAA ini.

Namun jika persyaratan belum terpenuhi tetapi harus menerapkan new normal dengan melonggarkan aktivitas ibadah, bisnis, pendidikan dan sebagainya, maka harus dimulai dari zona hijau dan harus dilakukan secara hati-hati. (Aje)

BERITA REKOMENDASI