Rayakan Dies 33, UMBY Siap Jawab Tantangan Zaman

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) merayakan puncak Dies Natalis ke-33, Selasa (1/10/2019) di kampus pusat Sedayu Bantul. Berbagai tantangan dan persaingan di era 4.0 saat inipun bersiap dihadapi UMBY dengan segala daya upaya yang ada.

Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah mengungkap pada peringatan hari jadi ke-33 ini pihaknya siap menghadapi tantangan termasuk yang paling berat mewujudkan output mahasiswa siap kerja. Menurut dia, di era industri 4.0 saat ini mahasiswa tak hanya bisa dibebani dengan ilmu teoritis saja namun juga inovasi di masing-masing bidang.

“Kalau kita perguruan tinggi tak berproses mengikuti masa maka bisa ditinggalkan karena sekarang yang dilihat apa outputnya dan outcomenya. Kita mau berbusa-busa saat mengajar tapi kalau tak ada impact dan inovasi pada masyarakat itu sama dengan nol. Kita berbicara mahasiswa lulus kompetensinya apa, ini yang ingin kami wujudkan yakni inovasi,” ungkapnya usai acara puncak dies natalis.

UMBY menurut Alimatus berupaya maksimal untuk mewujudkan lulusan yang memiliki keahlian dan sinkron dengan dunia kerja. “Kita punya lembaga sertifikasi profesi sehingga di tiap bidang punya ikatan dengan profesi masing-masing. Mahasiswa dan dosen juga kami dorong untuk berinovasi,” sambung dia.

Di sisi lain, guna menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), UMBY juga mengupayakan peningkatan kapasitas pengajar. Laporan semester dosen hingga beasiswa sekolah hingga ke luar negeri untuk para dosen digagas tepat memperingati usia ke-33 tersebut.

“Kami punya rencana kinerja dosen dan setiap semester ada laporannya. Dosen harus terus meningkatkan kapasitasnya. Kita sudah dapat akreditasi A di beberapa prodi dan akan coba kami tambah lagi di 2020. Tiap prodi nantinya harus punya minimal 40 dosen S3. Sementara ini kami masih 25-35 persen saja dan akan coba dimaksimalkan karena kami punya program beasiswa full termasuk ke luar negeri untuk mengejar S3 ini,” sambung dia.

Saat ini UMBY tercatat memiliki  10 ribu mahasiswa aktif yang belajar di 16 program studi terdiri dari 13 Strata 1 dan 3 Strata 2. Tiga prodi tercatat memiliki akreditasi A yakni S1 Psikologi, Akuntansi dan Manajemen. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI