Refleksi 15 Tahun Gempa Bantul, Idham Samawi : Gotong Royong Modal Bangkit

PUNDONG, KRJOGJA.com – Sabtu 27 Mei 2006 gempa bumi meluluhlantakkan Kabupaten Bantul. Ribuan orang meninggal dalam peristiwa mengerikan itu. Dampak lindu berkekuatan 5,9 SR tidak sekedar merenggut korban jiwa, infrastruktur di sebagian besar di Bumi Projotamansari rontok.

Namun pasca musibah tersebut, dibawah komando Bupati Bantul waktu itu, Drs HM Idham Samawi rakyat Bantul bangkit. Bagi warga Bantul, peristiwa tersebut tidak akan pernah dilupakan. Bahkan Kamis (27/5) pemerintah daerah Kabupaten Bantul menggelar refleksi 15 tahun gempa bumi dengan tema ‘Merawat Ingatan Masyarakat Dalam Mewujdkan Bantul Tangguh Bencana di Tugu Prasasti Episentrum Gempa 2006 di Dusun Potrobayan Srihardono Pundong Bantul. Dalam refleksi juga diadakan sarasehan dengan narasumber, anggota DPR RI, Drs HM Idham Samawi, Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan ST MSi, Ketua Jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, Dr Ir Jatmiko Setiawan MT dengan moderator Budi Santoso SPsi dari MDMC

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengungkapkan, setelah peristiwa gempa bumi tahun 2006. Kabupaten Bantul dalam kondisi terpuruk, perekonomian tidak mampu bergerak. “Waktu itu Ketua DPRD Bantul saya, Pak Idham sebagai bupati terus koordinasi untuk menyelesaikan persoalan rakyat yang tengah menghadapi gampa bumi, ” ujar Joko.

BERITA REKOMENDASI