Relawan Peduli Lingkungan Tebar 1.000 Benih Ikan 

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Ratusan Relawan Peduli Lingkungan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Ormas dan Relawan (FKOR) DIY melakukan tebar 1.000 benih ikan dan sidat di Sungai Belik tepat di atas bendungan yang ada di Dusun Pandes I Wonokromo Pleret Bantul, Rabu (04/03/2020). Aksi tersebut sebagai bentuk kampanye mengajak masyarakat menjaga dan melestarikan lingkungan sungai pascakasus pencemaran Sungai Belik yang terjadi belum lama ini.

“Sebelumnya ada oknum yang membuang limbah sabun hingga menyebabkan pencemaran dan banyak ikan mati mendadak. Tetapi kini Sungai Belik sudah dinyatakan bersih dan dinyatakan tidak ada kematian ikan,” ujar Sekretaris FKOR DIY, Waljito SH didampingi Pembina FKOR Mbah Joyo disela-sela aksi tebar benih ikan.

Seperti diketahui, kasus pencemaran Sungai Belik yang sempat ramai beberapa waktu lalu telah diselesaikan oleh pihak terkait melibatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), pejabat Muspika, oknum yang membuang limbah serta perusahaan dari oknum yang membuat limbah ke sungai. Dari mediasi dan pertemuan akhirnya dapat diselesaikan dengan jalan damai.

Untuk itu semua pihak berkomitmen menjaga keberadaan sungai agar tetap bersih dan bebas dari pencemaran. Selain itu dengan adanya aksi tebar benih ikan secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan khusus sungai.

Selama ini, Sungai Belik menjadi tempat favorit pemancing ikan. Untuk itu Relawan Peduli Lingkungan mengajak masyarakat menjaga lingkungan dan ekosistem sungai kasusnya Sungai Belik. Sehingga diharapkan nantinya ikan yang ditabur akan tumbuh besar dan dapat dipancing masyarakat.

Sementara Kabid Pengendalian Pencematan dan Kerusakan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Husein Bahri MAP mengungkapkan pihaknya mengapresiasi Relawan Peduli Lingkungan dalam aksi tebar benih ikan di Sungai Belik. Hingga saat ini tingkat pencemaran sungai di Bantul dalam tingkat sedang.

Dari data DLH Bantul, ada lima sungai yang mengalir di Bantul yang tingkat pencemarannya dalam level yang sedang. Dengan adanya aksi te ar benih ikan akan mengurangi tingkat pencemaran.

“Selama ini tak hanya limbah tetapi sampah juga dapat mencemari lingkungan. Untuk itu masyarakat jangan membuang sampah sembarangan apalagi di sungai karena dapat menyebabkan banjir. Untuk itu tugas semua masyarakat dalam menjaga lingkungan sungai,” terang Husein. (Usa)

BERITA TERKAIT