Robot Bawah Air Polairud Polda DIY Mampu Menjelajah Hingga 300 Meter

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Ditpolairud Polda DIY kini memiliki peralatan canggih untuk menghadapi situasi darurat di wilayah perairan Yogyakarta dan sekitarnya. Alat canggih tersebut bernama Underwater Monitoring Robot SRV-8MS. Bentuknya menyerupai drone, tetapi bekerja dibawah air.

Dirpolairud Polda DIY Kombes Pol Nurodin melalui Wakilnya, AKBP Azhari Juanda kepada pewarta, di Mako Ditpolairud Polda DIY Depok Parangtritis Kretek Bantul Kamis (10/6), mengemukakan, alat visual terbaru yang dimiliki Ditpolairud tersebut mampu menjelajah dibawah permukaan air hingga kedalaman 300 meter.

“Alat ini berfungsi untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat di wilayah DIY. Untuk pelatihan penggunaan alat tersebut dan peralatan SAR lainnya oleh Polairud telah dilalukan di Umbul Ponggok Klaten Jateng Rabu (9/6),” ungkap AKBP Azhari.

Menurutnya, alat ini dibekali monitor untuk memantau dari darat dengan menggunakan stuck operator untuk menggerakkan alat tersebut.”Pengoperasiannya mirip seperti menerbangkan drone, tetapi kalau alat ini ada di dalam air, ” imbuhnya.

Selain alat tersebut juga mendapat tambahan alat berupa sarana komunikasi dua arah untuk menyelam dan U-Safe, yakni pelampung yang dikendalikan dengan remote control dalam kecepatan 20 Knot dalam jarak 300 meter.

Dengan kepemilikan alat ini, AKBP Azhari berharap, Ditpolairud Polda DIY dapat memaksimalkan penanganan SAR yang mampu menghadapi situasi darurat bila terjadi di wilayah DIY.

Dalam pelatihan tersebut, selain diikuti jajaran Ditpolairud Polda DIY, juga diikuti anggota Satbrimobda, Satsabhara dan personil Biddokkes Polda DIY yang memiliki kemampuan SAR. (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI