‘Rumah Pilah’ Perkuat Kelembagaan Kelompok Shodaqoh Sampah Dusun Brajan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sampah selama ini dianggap sebagai barang tak berguna yang telah dibuang dan tak memiliki nilai guna. Namun ditangan warga Dusun Brajan Tamantirto Kasihan Bantul sampah dapat dimanfaatkan kembali manjadi barang bernilai serta memiliki manfaat.

Selama ini warga Dusun Brajan telah menjalankan program yang disebut Shodaqoh Sampah. Sampah yang ada dikumpulkan di pekarangan ketua RT setempat, kemudian dipilah dan dijual dan hasil penjualan dapat dimanfaatkan warga.

Namun lembaga sampah yang dikelola warga tersebut masih menyisakan permasalahan, yakni masih adanya sisa sampah yang berserakan di halaman ketua RT setempat. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY hadir di tengah masyarakat guna membantu menuntaskan permasalahan tersebut.

“Yang kami lakukan yakni penguatan kelembagaan pengurus Shodaqoh Sampah. Meningkatkan partisipasi warga dalam program Shodaqoh Sampah dan memperbaiki manajemen pengelolaan kelompok Shodaqoh Sampah,” kata ketua Tim PKM UMY, Dr Aris Slamet Widodo kepada KRJOGJA.com, Sabtu (06/03/2021)

Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian UMY ini menambahkan program pengabdian ini menunjukan bahwa UMY hadir di masyarakat sekitar kampus. Dalam kegiatan ini tim pengabdi juga memberikan hibah bangunan semi permanen sebagai ‘Rumah Pilah Sampah’ untuk mendukung program Shodaqoh Sampah.

“Kehadiran Rumah Pilah Sampah memberikan semangat bagi pengurus dan memudahkan dan pengelolaan sampah. Pada kesempatan ini juga dijalankan program penguatan program Shodaqoh Sampah untuk semua warga dan pelatihan pembukuan bagi pengelola Shodaqoh Sampah,” tambahnya.

Program ini sangat disambut baik oleh warga dan sejalan dengan apa yang selama ini telah dijalankan oleh masyarakat. Hal ini terlihat pula meningkatnya peran serta warga dalam program Shodaqoh Sampah.

“Terjadi peningkatan partisipasi jumlah warga yang ikut dalam program dari 17 orang menjadi 25 orang. Kepengurusan semakin baik, setelah diadakan restrukturisasi dan hibah Rumah Pilah Sampah,” pungkas Aris Slamet Widodo. (Van)

UMY

BERITA REKOMENDASI