Rumah Sehat Baznas Gelar Skrining Katarak

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJogja.Com – Bertepatan dengan momentum Hari Diabetes Sedunia tahun 2021. Rumah Sehat Baznas kerjasama dengan PERDAMI Yogyakarta dan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta menggelar program sosial berupa skrining katarak untuk mencegah kebutaan dan konsultasi dokter spesialis di Rumah Sehat Baznas, Jalan Imogiri Barat KM 7.5 Kapanewon Sewon. Hari Diabetes sedunia merupakan gerakan kampanye kesadaran global terhadap penyakit diabetes yang diperingati setiap tanggal 14 April.

Koordinator Promosi Kesehatan Rumah Sehat Baznas, Efi Erma, S.KM, Senin (15/11) mengatakan, jika dalam kegiatan tersebut diikuti 58 untuk skrining katarak. Dari jumlah tersebut 10 orang diantaranya terdiagnosa Katarak. Pasien yang terdiagnosa katarak sudah diambil tindakan operasi di RSUP Dr Sardjito Sabtu pekan lalu. Dijelaskan, sebelum operasi ketentuannya membawa hasil tes swab antigen negative. Selain itu juga tes kadar gula darah serta tensi normal. “Dengan kegiatan ini harapan kami dapat mencegah penyakit katarak ataupun masalah kesehatan mata lainnya terutama pada penderita diabetes dan hipertensi,” ujarnya.

Dijelaskan, diabetes melitus (DM) merupakan kondisi tubuh dengan kadar gula darah (glukosa dalam darah-red) jauh di atas normal. Diabetes Millitus punya faktor risiko utama yakni pola makan buruk, kurangnya aktivitas fisik, serta kebiasaan merokok dan minum minuman keras berlebihan. Merujuk data terbaru Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) Kemenkes RI tahun 2018. Prevalensi diabetes di Indonesia naik dari 6,9 persen di tanun 2013 jadi 8,5 persen di tahun 2018. Hipertensi juga memiliki prevalensi cukup tinggi di Kota Yogyakarta yang mencapai 9,94 persen

Efi menjelaskan, rangkaian kegiatan meliputi pemeriksaan uji refraksi, pemeriksaan tonometri, pemeriksaan dengan menggunakan slit lamp dan pemeriksaan geometri bagi pasien yang terdiagnosa Katarak dan akan dilakukan oprasi. Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyaluran paket sembako untuk peserta. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI