Rutan Bantul Beri Makanan Tambahan Warga Binaan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Selama bulan Ramadhan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul memberikan makanan tambahan bergizi atau Ekstra Fooding kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pemberian Ekstra Fooding disajikan dalam bentuk buka puasa bersama di halaman dalam Rutan Bantul menggunakan gerobak angkringan sehingga tercipta suasana semarak dan terjalin komunikasi antara WBP dan petugas Rutan.

Menurut Kepala Rutan Bantul, Enjat Lukmanul BcIP SH kegiatan ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Dirjen Pemasyarakatan No PAS 379.PK.01.06.07 Tahun 2021 tentang pemberian makanan tambahan atau ekstra fooding bagi tahanan, anak dan narapidana selama bulan Ramadhan.

“Pemberian makanan tambahan ini bukan sebuah seremonial saja. Tetapi disamping upaya menyediakan tambahan gizi bagi WBP sebesar 200 kalori, juga dijadikan sarana komunikasi petugas dengan WBP agar bisa terjalin dengan baik dan harmonis, ” ungkap Kepala Rutan Bantul.

Ditambahkan, transparasi pemenuhan hak-hak WBP perlu diketahui oleh dunia luar Rutan, sehingga kondisi WBP tidak perlu dirisaukan oleh keluarganya, meskipun ada keterbatasan selama pandemi Covid-19 tidak boleh membesuk. Sementara WBP di Rutan Bantul selama bulan Ramadhan diberikan kebebasan melakukan ibadah, seperti tarawih, tadarus, belajar baca- tulis Arab dan ibadah lainnya.

“Kami memberikan kebebasan kepada mereka untuk beribadah dan memohon maaf kepada Allah, mumpung ada kesempatan dalam bulan Ramadhan,” pungkas Kepala Rutan Bantul. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI