Saka Kalpataru Jaga Kelestarian Penyu di Pantai Gua Cemara

SANDEN, KRJOGJA.com – Konservasi Mina Raharja berada di Objek Wisata Pantai Gua Cemara Sanden Bantul. Sejak dirintis tahun 2010, konservasi tersebut fokus dalam menyelamatkan penyu lekang dari buasnya predator serta perburuan. Sudah ribuan telur penyu dipungut dari sarang alami dibawa ke pusat konservasi untuk ditetaskan.

Meski statusnya anggota konservasi, namun mereka punya komitmen menjaga penyu dari segala bentuk gangguan. Bahkan Minggu (27/9), Konservasi Mino Raharjo bersama Saka Kalpataru menggelar Gerakan Aksi untuk lingkungan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru Peduli Keanekaragaman Hayati dan Pinsaka Nasional Kalpataru dan Wanabakti KLHK. Mereka melepasliarkan tukik ke habitat aslinya. Dalam acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Ari Budi Nugroho ST MSc, Majlis Pembibimbing Pinsaka Kalpataru dan Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Pramu Risanto, Tri Prayitno dari Pinsaka Kalpataru, Dadang dari Pinsaka Wanabakti serta dari Pinsaka DIY dan Pinsaka Bantul, BKSDA DIY, Kwarcab, Kwaran Sanden.

“Sepanjang tahun 2020 ini, hingga bulan September ini 75 sarang penyu sudah kami amankan ke konservasi. Masing-masing sarang berisi 50 hingga 100 butir telur,” ujar Pengelola Pusat Konservasi Penyu Mina Raharja Pantai Goa Cemara Kecamatan Sanden Bantul, Yatiman disela acara pelepasliaran tukik.

BERITA REKOMENDASI