Sambut Normal Baru, Dispar DIY Pastikan Kesiapan 35 Destinasi Wisata

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY terus melakukan penyiapan di industri dan destinasi wisata dalam memasuki Kenormalan Baru atau Pranatan Anyar Plesiran Jogja dengan melengkapi sarana Cleanliness, Health and Safety (CHS) melalui Dana Belanja Tak Terduga (BTT) DIY. Upaya tersebut dalam rangka menyikapi masa pandemi Covid-19 khususnya di industri pariwisata yang menjadi salah satu leading penggerak perekonomian DIY.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo mengatakan pihaknya telah melakukan kegiatan penyediaan bantuan fasilitas peralatan dan perlengkapan higienitas dan sanitasi serta media informasi tentang protokol kesehatan berupa standing poster, spanduk dan stiker ke 35 destinasi wisata di Kabupaten/Kota se-DIY sejak Juni 2020 lalu.

“Dari 35 destinasi wisata ini, 20 destinasi wisata mendapatkan bantuan fasilitas peralatan dan perlengkapan higienitas dari melalui BTT APBD DIY dan 15 destinasi wisata di dukung dari Bank Indonesia (BI) DIY dan Badan Otorita Borobudur (BOB),” ujar Singgih usai penyerahan bantuan peralatan kesehatan (alkes) kepada beberapa destinasi wisata di DIY di kantornya, Senin sore (27/7).

Singgih menambahkan pihaknya pun melakukan pendampingan empat destinasi wisata Kraton Yogyakarta yaitu Pagelaran, Keben, Taman Sari dan Museum Kereta dalam penerapan protokol kesehatan yang telah dibuka mulai 8 Juli 2020 lalu. Selain pendampingan, pihaknya pun memberikan fasilitas peralatan dan sarana cuci tangan.

“Kraton yang menentukan mana saja yang akan dilakukan pendampingan dan akhirnya ditentukan empat destinasi ini. Empat destinasi wisata Kraton Yogyakarta menjadi salah satu proyek percontohan pembukaan kawasan wisata kenormalan baru di DIY dan membatasi kunjungan wisatawannya karena masih masa pandemi Covid-19,” katanya.

BERITA REKOMENDASI