Satlantas Pasang Water Barrier 1 Km di Jalan Yogya – Bantul

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bantul bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul dan Jasa Raharja memasang water barrier di Jalan Yogya – Bantul sepanjang 1 Km, mulai dari simpang tiga Cepit sampai Gapura masuk Pemkab Bantul, Sabtu (20/11/2021) sore. Pemasangan mulai hari ini hingga berakhir Operasi Zebra Progo 28 November 2021.

Menurut Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiyabudi SH MM, pemasangan water barrier tersebut sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas, karena di jalur Simpang Tiga Cepit sampai Gapura Bantul termasuk jalur rawan kecelakaan lalu lintas, sehingga menjadi target Ops Zebra Progo 21 di Bantul. Data di Unit Lakalantas Polres Bantul, di jalur Cepit- Gapura Bantul setidak setiap pekan terjadi kecelakaan lalu lintas. Korbannya sebagian besar pengendara sepeda motor yang sedang menyeberang jalan.

“Dengan pemasangan water barrier di jalur Cepit- Gapura Bantul ini, pengendara sepeda motor tidak bisa sembarang menyeberang jalan,” paparnya.

Untuk mengetahui dampak pemasangan apakah mampu mengurangi kasus kecelakaan lalu lintas sepanjang Cepit- Gapura Bantul setiap hari selama Ops Zebra Progo 2021 akan dilakukan evaluasi. Selama pelaksanaan Operasi Zebra  Progo 2021 jajaran Polres Bantul melakukan edukasi dan sosialisasi tentang peraturan lalu – lintas dengan mengedepankan upaya mencegahan kecelakaan lalu- lintas secara humanis.

“Kecuali pelanggaran lalu-lintas kasat mata, seperti pelanggaran marka jalan, menerobos lampu pengatur lalu-lintas, knalpot blombongan dan sejenisnya, akan tetap ditilang dan menjalani persidangan Tipiring di PN Bantul,” tambahnya.

Selain sosialisasi dan edukasi tentang peraturan lalu lintas, selama Operasi Zebra 2021 digalakkan upaya penanggulangan dan pencegahan penularan Covid-19 didukung petugas dari TNI Kodim 0729 Bantul, Dishub dan Satpol PP. Dengan upaya tersebut diharapkan pandemi Covid-19  di Bantul yang sudah melandai bisa segera tuntas. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI