Satlantas Polres Bantul Gelar Tes Swab

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Petugas gabungan Satlantas Polres Bantul, TNI, Dishub Bantul, dan Satpol PP Bantul, Jumat (12/02/2021) menggelar tes swab terhadap penumpang kendaraan pribadi dan kendaraan umum yang berasal dari luar kota. Tes swab dilakukan di dua posko, yakni Posko Srandakan dan Posko Piyungan.

Kasat Lantas Polres Bantul Polda DIY AKP Amin Ruwito SE SIK didampingi Kanit Turjawali Ipda Sigit, menjelaskan dari 50 orang yang menjalani tes swab (28 di Pos Srandakan dan 22 di Pos Piyungan) hasilnya semua non reaktif. “Tes swab bertujuan mencegah penyebaran virus korona dari luar daerah ke wilayah DIY,” jelas Amin Ruwito.

Amin Ruwito menambahkan tes swab yang rencananya digelar hingga Minggu (14/02/2021) tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Terlebih dengan adanya kebijakan ‘Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat’ (PTKM), upaya mencegah penyebaran virus korona harus dioptimalkan.

Soal sasaran penumpang kendaraan dari luar kota yang dikenai tes swab, Amin Ruwito menjelaskan itu sesuai dengan instruksi pimpinan (Kapolres Bantul dan Bupati Bantul) mengenai upaya pencegahan penyebaran virus korona. Ditambahkan, saat ini semua lapisan masyarakat harus bahu membahu mencegah virus korona, salah satunya dengan menaati protokol kesehatan (prokes).

Masalah pemakaian masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan massa harus benar-benar dilakukan secara disiplin. Tujuannya tidak lain agar masyarakat tidak terkena virus korona. “Kita berharap semua pihak menaati aturan dalam prokes,” tandas Amin Ruwito. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI