Satlantas Polres Bantul Tingkatkan Pelayanan SIM Keliling dan SIMMADE

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Fungsi pelayanan dianggap sebagai sebuah etalase untuk menunjukkan kinerja Satuan Lalu Linbtas (Satlantas) pada khususnya dan kepolisian umumnya. Terkait hal itu, di setiap fungsi pelayanan jajaran kepolisian selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dengan tujuan memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Terkait hal tersebut, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bantul berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, melalui beberapa terobosan. Peningkatan pelayanan terutama di bidang Surat Izin Mengemudi (SIM), baik permohonan baru maupun perpanjangan. Selain itu, dilakukan pula peningkatan kemampuan kinerja personel di bidang pelayanan SIM terkait adanya sarana-prasarana baru.

Kasat Lantas Polres Bantul Polda DIY AKP Amin Ruwito SE SIK didampingi Kanit Regident Satlantas Polres Bantul Ipda Wasito SH MH, Sabtu (09/01/2021) menjelaskan pihaknya sedang membuat formulasi pelayanan di bidang SIM, dengan tujuan memudahkan masyarakat mendapatkan SIM, baik permohonan baru maupun perpanjangan.

Hal tersebut perlu dilakukan seiring dengan kemajuan teknologi, di mana dalam berbagai bidang perlu terobosan-terobosan tertentu. Amin Ruwito menyampaikan untuk pembuatan SIM baru, peningkatan golongan dan perpanjangan SIM pihaknya melayani masyarakat mulai Senin-Sabtu, pukul 09.00 hingga selesai di Satpas Polres Bantul. Terkait hal itu, masyarakat diminta untuk memperhatikan ketentuan yang berlaku. Mulai dari syarat Kartu Tanda Penduduk (KTP), hasil cek kesehatan, dan hasil tes psikologi.

“Setiap pemohon SIM baru diwajibkan menjalani ujian teori dan praktik guna mengetahui tingkat kecakapan dan keahliannya dlaam urusan mengendarai kendaraan bermotor,” ujar Amin Ruwito.

Tes kesehatan dan tes psikologi perlu dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat saat berkendara. Pihak kepolisian harus memastikan bahwa setiap pemilik SIM benar-benar telah memenuhi syarat dari berbagai hal, mulai syarat administrasi, kemampuan fisik, dan kemampuan psikologis. Hal itu sebagai salah satu upaya untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Selain di Satpas Polres Bantul, juga dilakukan pelayanan SIM Keliling (Bus Keliling) di halaman Mapolres Bantul, Senin-Sabtu pukul 08.00 – selesai, khusus perpanjangan SIM A dan C. Terkait kesibukan dan keterbatasan waktu masyarakat, Satlantas Polres Bantul juga menggelar SIM Malam Minggu (SIM Malming/Saturday Night) mulai pukul 17.00 – 21.00 di depan Mapolres Bantul, khusus perpanjangan SIM A dan C.

“Program SIM Malming diperuntukkan bagi masyarakat yang kesibukannya di pagi dan siang hari tidak bisa ditinggalkan, sehingga bisa memperpanjang SIM pada malam hari,” jelas Amin Ruwito.

Terobosan lain yang dilakukan Satlantas Polres Bantul adalah SIM Masuk Desa (SIMMADE) khusus pembuatan baru SIM C dan perpenjangan SIM A dan C, setiap hari Kamis, pukul 08.00-12.00. Adapun pelaksanaannya tanggal 7 Januari 2021 di Balai Desa Wukirsari Imogiri, 14 Januari 2021 di Balai Desa Seloharjo Pundong, 21 Januari di Balai Desa Argosari Sedayu, dan 28 Januari 2021 di Balai Desa Banguntapan.

“Kami juga miliki program Simantul Blusukan Wisata, untuk proses pepranjngan SIM A dan C, pelaksanaannya setiap hari Senin dan Minggu,” tambah Amin Ruwito.

Tentang pelaksanaan Simantul Blusukan Wisata, Amin Ruwito menyampaikan dilakukan mulai pukul 08.00-12.00 dengan rincian Senin, 11 Januari 2021 di Q-Homemart Banguntapan, Minggu, 17 Januari 2021 di Obwis Parangtritis Bantul, dan Senin, 18 Januari 2021 di Q-Homemart Banguntapan.

“Dengan beberapa terobosan di bidang pelayanan SIM tersebut, diharapkan masyarakat mendapatkan kemudahan,” kata Amin Ruwito. Pada intinya, apa yang dilakukan Satlantas Polres Bantul bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan, tetapi tetap memperhatikan syarat-syarat utama. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI