Satpol PP Bantul Galakkan Sosialisasi Jagawarga

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Satpol PP Kabupaten Bantul menggalakkan sosialisasi pembentukan Kelompok Jagawarga di setiap pedukuhan wilayah Kabupaten Bantul. Bagi warga yang sudah siap bisa dilanjutkan dengan pembentukan Kelompok Jagawarga tingkat pedukuhan. Seperti di pedukuhan Temuwuh Dlingo, Kamis (28/7).

Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta SSos mengatakan, sosialisasi dan pembentukan yang sedang digalakkan Satpol PP Bantul merupakan implementasi dan tindak lanjut Peraturan Gubernur DIY No 28 Tahun 2021 tentang Kelompok Jagawarga.

“Di dalam Pergub DIY tersebut diharapkan adanya sebuah langkah konkrit perwujudan dari warga untuk menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat . Hal ini akan dapat terwujud apabila ada partisipasi dari masyarakat pula,” papar Yulius.

Karena itu dari Pemerintah DIY memvasilitasi yang berlandasan dengan Pergub No 28 Th 2021 ini diharapkan untuk semua pedukuhan dan setiap kalurahan membentuk kelompok- kelompok Jagawarga. Dimana kelompok- kelompok Jagawarga ini tidak akan tumpang tindih antara lembaga- lembaga sosial yang sudah terbentuk, tetapi bisa menjembatani agar ada yang menjadi peran dan fungsi lembaga sosial yang saat ini sudah ada bisa lebih dioptimalkan.

Terutama terkait dalam upaya penanganan konflik- konflik sosial yang ada di masyarakat, sehingga hal yang sifatnya bisa menjadi langkah cegah dini atau antisipasi terkait indikasi munculnya konflik sosial bisa secepat mungkin diatasi. Walaupun pemerintah juga tidak akan tutup mata dan ketika ada kearifan- kearifan lokal bisa menjadi keputusan berdasarkan koordinasi dan musyawarah yang ada.

“Dengan adanya kelompok Jagawarga yang di setiap pedukuhan bisa berfungsi untuk menjembatani komunikasi baik dari tokoh masyarakat dengan kelompok Jagawarga untuk menjadi rujukan di RT, Dukuh maupun Lurah,” pungkas Yulius. (Jdm)

 

 

BERITA REKOMENDASI