Satpol PP Bantul Ingatkan Cafe Taat Prokes

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Satpol PP Bantul mengundang para pelaku usaha cafe untuk diajak waspada dan mendapatkan pencerahan dalam menyikapi penurunan pemberlakuan PPKM dari level 3 menjadi 2 di Kabupaten Bantul, Sabtu (23/10) di aula Satpol PP Bantul.

Menurut Kasat Pol PP Bantul, Yulius Suharta SSos MSi, selaku Koordinator Bidang Gakkum Satgas Covid- 19 Bantul, selama pandemi Covid-19 tempat usaha cafe termasuk salah satu lokasi yang rawan penularan Covid-19, karena terjadi kerumunan massal. “Utamanya cafe yang lokasi di sekitar kampus atau di wilayah padat penduduk. Seperti di wilayah Kapanewon Kasihan dan Banguntapan,” ungkap Yulius.

Dijelaskan, dengan adanya penurunan pemberlakuan level 3 menjadi level 2 maka akan banyak pemberian kelonggaran terhadap kegiatan di masyarakat , termasuk dalam kegiatan yang menyangkut pemulihan ekonomi dan wisata, sehingga akan terjadi mobilitas masyarakat yang tinggi.

Tetapi karena pandemi Covid belum benar- benar tuntas sehingga, perkembangan kondisi tersebut harus disikapi dan diwaspadai masyarakat bersama. “Jangan sampai kita terlena sehingga muncul klaster dan terjadi penularan lagi. Yang kita harapkan jangan sampai pandemi Covid yang sudah mulai melandai akan muncul lagi gara- gara kita tidak waspada,” imbuh Yulius.

Untuk itu maka petugas Gakkum tetap mengoptimalkan pengawasan di wilayah yang rawan penularan, terutama di kawasan wisata dan wilayah rawan penduduk untuk tetap diwajibkan matuhi protokoler kesehatan. Utamanya pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan pakai sabun. Petugas gakkum akan tetap aktif melakukan operasi patuh Prokes di kawasan wisata dan sejumlah tempat yang rawan kerumunan massa.

Sementara di kawasan wisata Parangtritis dan Mangunan Dlingo, pengunjung diberlakukan Nopol genab ganjil. Untuk sementara pada Jumat (22/10/2021) kendaraan yang boleh di objek wisata bernopol genab, Sabtu (23/10/2021) ganjil dan Minggu (25/19/2021) genab. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI