Satpol PP Tutup Paksa Peternakan Ayam di Piyungan

Editor: KRjogja/Gus

PIYUNGAN, KRjogja.com – Peternakan ayam milik Dra Is Andariyah (57) dan Christin Puspitasari (26) di Pedukuhan Kuden, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul ditutup paksa oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bantul, Selasa (13/7) sekitar pukul 10.00 WIB. Peternakan tersebut dinilai belum mengantongi izin dan meresahkan karena menimbulkan gangguan ketentraman dan ketertiban umum di lingkungan masyarakat, usaha

“Peternakan ini dinyatakan ditutup dan tidak diperbolehkan untuk tempat usaha ternak sebelum mendapatkan izin usaha peternakan,” tegas Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul Yulius Suharta SSos dalam Berita Acara Penertiban Paksa.

Eksekusi diwakili Kabid Ketentraman dan Ketertiban Supriyanta SSTP, Kabid Penegakan Peraturan Daerah Sismadi SH dan Ka Seksi Ketertiban Umum Hendro Cahyono dengan penyegelan tanpa kehadiran pemilik maupun perwakilan pemilik. “Eksekusi sah karena sudah melalui prosedur dengan pemberitahuan, peringatan dan nanti berita acara akan kita minta tandatangan pemilik,” tegas Hendro didampingi Sekretaris Satpol PP Vektor.

Disebutkan Penutupan berdasar Peraturan Bupati Bantul Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perizinan dan Pendaftaran Usaha Peternakan serta Surat Keputusan Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul Nomor 001/DPPKP/Kep/BtI/VI/2021 tentang penutupan usaha tersebut. Selain tim eksekusi dari Satpol PP juga dihadiri perwakilan instansi terkait, tokoh masyarakat setempat, Lurah, Camat, petugas Polsek Piyungan dan lainnya.

BERITA REKOMENDASI