SD Kasihan Ramah Anak Berbasis Budaya

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – SD Kasihan di Tamantirto Kasihan Bantul melakukan peluncuran, sekolah ramah anak berbasis budaya. Peluncuran ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dikporaaa) Bantul, Drs Isdarmoko MPd M Mpar di halaman sekolah setempat Rabu (09/03/2022).

Dihadiri jajaran pejabat di lingkungan Disdikpora Bantul, wakil DPRD Bantul, Muspimkap Kasihan maupun perwakilan orang tua siswa dan digelar pentas seni dan budaya.

Isdarmoko mengemukakan, SD Kasihan Bantul ini memang layak dijadikan sekolah ramah anak berbasis budaya, karena mempunyai nilai plus yang berbeda dengan sekolahan yang lain.

Melihat dari sejarah di Komplek SD Kasihan ini ada beberapa peninggalan bernilai sejarah warisan budaya yang dipertahankan, seperti bangunan kelas, sumur tua dan lainnya yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, sebelum Indonesia merdeka. Dengan adanya bangunan peninggalan sejarah itu kemudian pihak sekolah berinisiatif menjadikan SD Kasihan sebagai sekolah ramah berbasis budaya, yang sesuai kebijakan Bupati Bantul dalam programnya menuju Kabupaten Layak Anak dan Sekolah Ramah Anak.

Kepala SD Kasihan, Harsiana Wardani SPd didampingi ketua panitia penyelenggara, Rismunandar Spd Jas menambahkan, mengingat pentingnya Sekolah Ramah Anak bagi semua sekolah di Kabupaten Bantul, sesuai arahan Bupati Bantul maka SD Kasihan berupaya mendukung program Bupati dan siap memfasilitasi menjadikan sekolah yang bersih, aman, ramah, indah, insklusif, sehat, asri dan nyaman. Untuk itu SD Kasihan juga mempunyai program unggulan, yakni Anti Bullying atau anti perundungan.

“Kami juga menciptakan aplikasi Si Celly, yakni aplikasi cegah bully yang bisa diakses oleh semua siswa, guru dan wali siswa,” papar Harsiana.

Adanya program unggulan anti bullying ini karena saat ini perilaku bullyng ada dimana-mana, bahkan di satuan pendidikan Kasihan Bebas Zona perundungan kami jadikan sebagai program unggulan sekolah, maka setiap kelas disediakan kotak aduan yang bisa dimanfaatkan siswa yang akan penyampaikan aduan tentang apapun. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI