Sedekah Makan Jumatan Populer, Di Masjid Ini Sudah Full Hingga Akhir Tahun

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Saat ini kesadaran umat Islam untuk bersedekah makan pada hari Jum'at sudah semakin meningkat. Demikian juga masjid-masjid berlomba menyediakan makan siang setelah sholat Jum'at. Hampir semua masjid di Yogyakarta saat ini menyediakan makan siang setelah sholat Jum'at. 

Salah satunya adalah Masjid Al Mursyid, Pandansari, Banguntapan, Bantul. Di masjid ini setiap hari Jum'at disediakan puluhan porsi makan siang untuk jama'ah sholat Jum'at.

Menurut KH. Muthohar, Ketua Takmir Masjid Al Mursyid, Pandansari, Banguntapan, Bantul, sudah sekitar lima bulan program sedekah makan siang setelah sholat Jum'at di Masjid Al Mursyid berjalan. "Tepatnya, tanggal 23 Agustus 2019 dimulai program sedekah makan siang bakda sholat Jum'at. Awalnya, kita sediakan 100 porsi nasi soto yang habis dinikmati jama'ah sholat Jum'at," kata KH. Muthohar. 

"Saat ini rata-rata kami menyediakan 150 sampai 180 porsi makan siang setiap bakda Jum'at," imbuhnya.

Berbeda dengan kebanyakan masjid, pelaksanaan makan siang bakda Jum'at di Masjid Al Mursyid dikoordinir oleh pengurus takmir. "Hal tersebut kami lakukan agar sedekah dari jama'ah tidak mubazir atau malah kurang," terang KH. Muthohar. Semenjak dimulai program makan siang bakda Jum'at di Masjid Al Mursyid, selalu ada jama'ah yang bersedekah. "Bahkan sampai akhir tahun 2020 ini sudah tersusun daftar jama'ah yang akan bersedekah," jelas H. Basroni, salah satu pengurus takmir Masjid Al Mursyid.

Berkah dari program makan siang di Masjid Al Mursyid, jumlah jama'ah sholat Jum'at meningkat. "Apalagi pelaksanaan khutbah Jum'at di masjid cukup singkat, yakni 10 menit. Ini karena kami menyadari jama'ah Jum'at ada pegawai kantor, pekerja lepas atau musafir yang memerlukan waktu istirahat makan siang sebelum melanjutkan akrifitas," terang KH. Muthohar. (*)

 

BERITA REKOMENDASI