Sedyo Lestari Mampu Kuasai Pasar Jamur DIY dan Jawa Tengah

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dirintis tahun 2008, Kelompok Tani Jamur Sedyo Lestari yang berada di Dusun Klangon Desa Argosari Kecamatan Sedayu Bantul kini mampu menghadirkan kesejahteraan di tengah masyarakat. Bahkan kelompok yang beranggotakan 25 orang tersebut mampu mengusai pasar jamur, mulai dari bibit hingga baglog untuk budidaya jamur di DIY dan Jawa Tengah.

Tidak hanya itu kelompok tersebut sejak tahun 2012 sudah mampu memproduksi herbal dengan bahan baku jamur, mulai dari kopi jamur lingzhi, kapsul jamur lingzhi, ekstrak jamur lingzhi hingga teh jamur lingzhi. Sekarang produk dari kelompok tersebut tidak sulit menembus pasaran.

Ketua Kelompok Tani Jamur Sedyo Lestari, Ir  Lestari mengungkapkan dalam beberapa tahun terakhir  permintaan jamur terus melonjak khususnya dari wilayah DIY dan Jawa Tengah. Pihaknya juga banyak menerima pensanan baglog mencapai ribuan biji dalam sebulan.

“Khusus baglog dalam sebulan kisaran 15 hingga 20 ribu biji, sementara untuk bibir berada diangka 15 ribu dan kapsul mencapai 60 ribu biji dalam sebulan,” ujar Lestari.

Dijelaskan khusus bibit memang ada aneka ragam mulai dari jamur tiram dengan media padi, jagung hingga  serbuk gerjaji. Selain fokus pada pengembangan produk media tanam dan bibi, kelompok juga sudah mampu memproduksi makanan olahan diantaranya kripik jamur kuping, jamur kuping kering dan kripik jamur tiram.

Lestari mengungkapkan, pihaknya juga terus melakukan pembinaan serta pendampingan kepada kepada kelompok masyarakat di Bantul dan sekitarnya. “Kami harus mengembangkan jaringan, langkah ini agar kebutuhan pasar akan jamur terpenuhi. Bagi kami mereka yang kami bina bakal jadi mitra,” ujar Lestari. (Roy)

BERITA REKOMENDASI