Sektor Pertanian DIY Terbukti Mampu Bertahan Saat Pandemi

BANTUL, KRJOGJA.com – Sektor pertanian di DIY terbukti mampu meningkatkan nilai ekspor yang seolah bisa menutup ambruknya sektor lain di tengah pandemi Covid-19. Sektor pertanian tersebut mendominasi dan berandil besar dalam pertumbuhan ekonomi DIY triwulan III yang naik 11,81 persen. Bahkan, sektor tersebut terbukti mampu menggantikan sektor-sektor yang terpuruk akibat dampak pandemi.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan komoditas ekspor DIY meliputi kulit kambing jadi, handicraft, furniture, plywood, gula kelapa, salah, cassia, nutmeg dan vanila. Komoditas ini akan diekspor menuju Thailand, Spanyol, Kanada, Malaysia, Belanda, Amerika Serikat (AS), China, Australia, Perancis dan Jerman. Nilainya pun cukup fantastis sebesar Rp 29,2 miliar.

“Pertanian salah satu yang pertumbuhannya paling tinggi yang dibarengi ekspor komoditas pertanian di tengah pandemi. Bukan hanya dari sisi jumlahnya saja tetapi dari pertambahan nilainya itu bisa membuat sektor pertanian menjadi penyelamat dari pertumbuhan ekonomi DIY,” katanya usai Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Gratieks Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Geatieks) Indonesia di PT Eastern Living Bantul, Jumat (31/12/2021).

Baskara Aji menekankan sektor pertanian di DIY sepertinya tidak terpengaruh pandemi. Nilai ekspornya pun cukup tinggi, sehingga bisa dikatakan sektor ini mampu menopang kebutuhan masyarakat disaat sektor lain terdampak pandemi. Dengan demikian, sektor pertanian mampu mengobati sektor pariwisata dan pendidikan yang tidak bisa eksis pada dua tahun lalu. Pihaknya pun berharap semua sektor bisa bangkit bersama dan saling bersinergi nantinya.

“Jika industri pariwisata dan pendidikan mulai normal kembali, sektor pertanian diharap tidak surut, sehingga semuanya bisa maju bersama. Pasar internasional sudah terbuka, karena itu peran Pemda baik DIY maupun kabupaten/kota sangat besar terutama untuk mencarikan peluang pasar. Kalau perlu kita fasilitasi pameran-pameran di dalam maupun di luar negeri dan kita datangkan buyer dan luar,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI