Sektor Pertanian DIY Terbukti Mampu Bertahan Saat Pandemi

Selain itu, pihaknya menjanjikan bakal melakukan pembinaan terhadap para eksportir dan pedagang di DIY. Pembinaan bisa melalui bimbingan teknis maupun dari permodalan bagi para petani untuk bisa memproduksi lebih baik dan lebih banyak. Dengan begitu, para eksportir di DIY bisa mencukupi komoditas yang dibutuhkan sesuai dengan pesanan.

“Perbankan sudah kita minta berpihak kepada para petani dan pengrajin terutama UMKM baik itu Bank BPD DIY maupun Bank-bank Himbara. Perbankan sudah siap menyediakan kredit lunak yang bisa diakses petani dan perajin,” tandas Baskara Aji.

Sekda DIY ini menyebut sektor pertanian yang luas ini mampu dikembangkan menjadi banyak hal semisal handycraft yang lebih beragam hingga fashion. Banyak yang terhubung dengan sektor ini sehingga memang dibutuhkan keuletan dan kreativitas untuk pengelolaannya.

“Saya sekaligus anak-anak muda kembali ke pertanian karena sektor pertanian itu menjanjikan sepanjang kita kelola dengan baik. Apabila generasi muda lebih berpikir untuk bekerja ke perkotaan dan lebih berpikir teknologi informasi saja, maka sekarang teknologinya itu kita bawa ke pertanian menjadi petani milenial,” imbuhnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI