Selama 10 Hari, Film G30S/PKI Ditonton 68 Ribu Warga

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Berdasarkan data dari Kodim 0729 Bantul, selama 10 hari pemutarannya setidaknya film pengkhianatan PKI telah ditonton oleh sekitar 68.983 warga. Jumlah tersebut dihitung sejak awal pemutaran pada Rabu (20/09/2017) hingga Sabtu (30/09/2017) yang dilakukan di 193 lokasi pada 17 kecamatan wilayah Kabupaten Bantul.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno menegaskan, banyaknya jumlah tersebut bukanlah tujuan utama bagi jajarannya dalam menggelar nonton bareng (nobar) film karya Arifin C Noer itu. Namun yang terpenting dari kegiatan tersebut yakni bagaimana masyarakat bisa mengerti dan memahami akan sejarah bangsa Indonesia.

“Tujuannya agar masyarakat paham dengan apa yang pernah terjadi di bangsa ini pada 52 tahun yang lalu. Dengan itu diharapkan akan tumbuh kewaspadaan di tengah masyarakat akan ancaman bahaya laten komunis,” tegas Suwarno di Makodim Bantul, Senin (02/10/2017).

Kasdim menyampai apresiasinya kepada warga Bantul yang telah dengan antusias mengikuti gelaran kegiatan nobar film gerakan G30S/PKI tersebut. Bahkan tak sedikit warga maupun ormas dengan swadaya melaksanakan nobar di wilayahnya masing-masing diluar penyelenggaraan yang telah diagendakan jajaran Kodim Bantul.

“Ini artinya kesaradan dalam diri masyarakat telah tumbuh kesadaran untuk mengingat akan sejarah. Kami selaku jajaran di wilayah selalu mendukung setiap kegiatan yang bersifat positif untuk bangsa,” jelasnya.

Meski secara resmi rangkaian nobar film pengkhianatan PKI telah ditutup, namun Kodim Bantul tak melarang dan tetap mempersilakan bagi masyarakat yang masih ingin menggelar kegiatan serupa. Jajaran Kodim setempat melalui koramil di tingkat kecamatan siap membantu dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. (Van)

BERITA REKOMENDASI