Selfie Gratis di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

GUMUK  Pasir Parangkusumo terletak diantara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, Yogyakarta. Gumuk pasir ini hanya ada dua di dunia,di Meksiko dan di Yogyakarta ini. 
Gumuk pasir ini adalah buatan alami dari alam, dengan adanya Gunung Merapi dan Merbabu, gumuk pasir ini ada. Jika kalian pertama kali menngunjungi tempat ini kalian akan terkesima dengan adanya autan pasir yang luas dengan hiasan gundukan-gundukan pasir alami. Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki tinggi gundukan pasir yang berbeda beda. Gundukan pasir yang berbeda beda tergantung dengan kondisi alam yang membentuknya. 
Pasir-pasir tersebut berasal dari abu vulaknik gunung Merapi yang terbawa angina dan arus sungai sampai ke pantai Parangtritis. Aneh kan? Gumuk Pasir Parangkusumo ini benear benear mirip gurun sahara. Untuk kalian yang mau tahu lebih lanjut fenomena unik ini, kalian bisa main juga ke ke Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis yang lokasinya tidak jauh dari sana. Di tempat ini kalian bisa meminta untuk dijelaskan lebih lanjut tentang fenomena gumuk pasir ini. Karena itu, selain destinasi yang bisa memacu adrenalin dengan Sandboardingnya, Gumuk Pasir Parangkusumo ini sebenaranya juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk Eduwisata di Yogyakarta.
Pengelola Gumuk Pasir Parangkusumo menyediakan tempat beristirahat (gubuk) di pinggir lautan pasir. Terdapat beberapa spot foto yang instagramable yaitu pohon yang tidak berdaun dan ayunan ditengah lautan pasir. Tempat wisata ini dijadikan tempat wisata yang seru dan menantang dengan adanya sandboarding atau ski diatas pasir. Sandboarding ini seharga Rp 150000 bisa disewa sepuasnya sampai kalian merasa lelah. Terdapat spot foto berbentuk love, bagi kalian yang ingin berfoto di bagian spot-spot tertentu semua tidak dipungut biaya. Kalian bisa berfoto sepuasnya secara gratis.
Untuk menuju ke Gumuk Pasir ini, kalian bisa menuju ke arah selatan lewat Jalan Parangtritis lalu sampai di Pantai Parangtritis memang lokasi gumuk pasir ini dekat sekali dengan Pantai Parangtritis. Bayar tiket masuk wisata Pantai Parangtritis Rp 3000 . Jika kalian ingin ke Gumuk Pasir Parangkusumo disarankan sore hari, karena pada siang hari suhu di Gumuk Pasir Parangkusumo ini sangat panas.  (*)

 

BERITA REKOMENDASI