Semangat Kurban Meningkatkan Toleransi dan Persatuan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Yayasan Insan Utama Yogyakarta (YIUY) yang menaungi KB,TKIT, SDIT dan Islamic International Boarding School menggelar acara pemotongan hewan kurban, Senin (12/08/2019). Disela perayaan kurban, sekaligus dilakukan penyuluhan terhadap warga dan siswa-siswi kelas 6 terkait dengan toleransi dan persatuan demi menjaga keutuhan bangsa.

Ketua Yayasan Insan Utama Yogyakarta, Misko Bariandi SE mengatakan, Idul Adha tahun ini terasa sangat istimewa karena diperingati tak jauh dari hari kemerdekaan 17 Agustus. Ia berharap dua peringatan tersebut dapat menambah keimanan serta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dua moment bersejarah berlangsung bersama, yakni sejarah tentang perjuangan Nabi Ibrahim yang diperintahkan untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail dan moment perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Hakikat makna tersebut jika dikaitkan dengan kehidupan saat ini adalah perjuangan bagi setiap manusia demi memerdekaan hati, buruknya prasangka menuju kepada kebaikan untuk sesama,” katanya.

Menurutnya saat ini banyaknya faktor yang dapat memecah-belah persatuan dan toleransi antar umat beragama. Hal ini harus menjadi kerja bersama antara praktisi pendidikan, aparat, tokoh agama, dan masyarakat.

Sementara itu Kapolsek Kasihan Kompol Tarwoco Nugroho yang diwakili oleh Bipka Agus Sulistiyono mengatakan hari Idul Adha bertepatan dengan hari kemerdekaan ini dapat dijadikan momentum untuk memupuk rasa kemanusiaan dan kepedulian. “Sekaligus mendoakan agar negara kita aman dan tentram,” jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI