Sendratari Rara Jonggrang SMAN 1 Srandakan Memukau

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Puncak HUT ke-17 SMAN 1 Srandakan Bantul tahun ini dikemas berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, sekolah tersebut menyelenggarakan 'Gelar Budaya dan Seni Smara' di sekolah setempat, Rabu (04/09/2019).

Acaranya ialah pertunjukan sendratari Rara Jonggrang yang diperankan siswa dan siswi SMA 1 Srandakan. Menurut Kepala SMAN 1 Srandakan, Drs Witarso, pertunjukan ini sekaligus mengawali kiprah Komunitas Bala Sasra Budaya yang tampil di atas panggung pada puncak HUT SMAN 1 Srandakan. "Tentu semua untuk menuju sekolah berbasis budaya," ungkapnya.

Usai tampil di atas panggung, komunitas Bala Sasra Budaya yang terdiri dari siswa sekolah tersebut langsung dikukuhkan oleh kepala sekolah. Diharapkan, tahun depan kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan, seni tari, teater dan rias bakal dijadikan satu yakni Komunitas Bala Sasra Budaya.

Tak hanya sendratari saja, pada puncak HUT itu juga digelar final lomba geguritan antar kelas serta pentas seni dari alumni dan tamu undangan. "Karena di sekitar sekolah ini banyak pelaku dan praktisi seni, maka kami akan terus meningkatkan potensi seni dari dalam diri siswa. Tentu melalui komunitas Bala Sasra Budaya ini," imbuhnya.

Kepala Balai Dikmen Bantul, Drs Suhirman MPd menyatakan, sekolah berbasis budaya sudah diatur dalam Perda No 5 Tahun 2011. Untuk itulah tiap sekolah dituntut kreatif dalam mensukseskan perda tersebut. "Ini menjadi bagian dari pendidikan karakter. Melalui seni dan budaya, siswa bisa menjadi pribadi yang berakhlak baik," harap Suhirman. (Adk)

 

 

BERITA REKOMENDASI