Seni Pertunjukan Diminta Berkualitas

SLEMAN, KRJOGJA.com – Seni pertunjukan di Sleman dalam setiap penampilannya harus mengedepankan pada kualitas penampilan, bukan sekedar hiburan yang monoton.  Sebab, dalam seni pertunjukan itu selain sebagai tontonan juga mengandung makna yang lebih mulia yakni harus mengandung aspek tuntunan dan tatanan.

Karenanya setiap kelompok seni pertunjukan hendaknya meningkatkan kreatifitas dan inovasinya agar dapat tampil lebih berkualitas. Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantara, SH, M.Hum dalam acara musyawarah Paguyuban Kesenian Jathilan Kabupaten Sleman (PKJS),  Minggu (14/01/2017) di Tegal Gentan Margoagung Seyegan Sleman. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Kesenian Drs. Siswanto dan Kepala Bidang Dokumentasi, Sarana dan Prasarana Kebudayaan Wasita, SS, M.AP.

Aji menambahkan perkembangan kebudayaan di Kabupaten Sleman, termasuk diantaranya seni pertunjukan cukup membanggakan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya event-event budaya dan berbagai pertunjukan seni budaya yang dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Sleman. 

"Ke depan diharapkan perkembangan kebudayaan tidak hanya meningkat dari sisi kuantitas kegiatan akan tetapi harus diimbangi dengan kualitas penampilan. Terlebih dari itu dalam setiap tampilannya juga hendaknya mengedepankan pada tatanan etika dan norma adat yang berlaku serta menjaga kesopanan dan kesantunan sebagai karakter budaya bangsa," jelasnya.

Ketua PKJS Periode 2017 – 2021 Sunaryo, AM.KG, S.ST mengajak kepada semua jajaran pengurus PKJS agar lebih intensif dalam melakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok jathilan di Kabupaten Sleman. "Untuk kelengkapan dan kelancaran organisasi ditetapkan Sekretariat PKJS di Rumah Sunaryo, AMKG, S.ST Kalirase Trimulyo Sleman. Agar lebih efektif, PKJS mulai periode ini akan membagi menjadi 3 (tiga) kelompok wilayah, yakni wilayah Sleman Barat, Sleman Tengah dan Sleman Timur," tandasnya.
 
Wilayah Sleman Barat, kata Sunaryo meliputi kecamatan Seyegan, Minggir, Moyudan, Godean dan Gamping dengan Sekretariat di Rumah Tri Cahyo Nugroho Plembon Sendangsari Minggir dan Rumah Widayat Tegal Gentan Margoagung Seyegan. 

"Wilayah Sleman Tengan meliputi kecamatan Pakem, Turi, Ngaglik, Tempel, Sleman, Mlati dan Depok dengan Sekretariat di Rumah Rokimin Medari Gedhe Caturharjo Sleman dan Rumah Nuryanto Kweron Pakembinangun Pakem. Wilayah Sleman Timur meliputi kecamatan Cangkringan, Ngemplak, Kalasan, Berbah dan Prambanan dengan Sekretariat di Rumah Sandi Sutrisna Majasem Madurejo Prambanan dan Rumah Sugiso Ngancar Glagaharjo Cangkringan." (*)

BERITA REKOMENDASI