Seniman Nusantara Sambut Tahun Baru di Watu Lumbung 

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Banyak cara bisa ditempuh untuk mengisi liburan akhir tahun. Seperti dilakukan puluhan seniman dari berbagai daerah di Indonesia justru lebih memilih liburan di Kampung Edukasi Watu Lumbung Bukit Parangtritis Kretek Bantul.

Seniman tersebut berasal dari berbagai daerah di Nusantara diantaranya, Sulawesi Selatan, Riau, Lampung, Bengkulu, Bali, Aceh, Jakarta Banyumas, Cilacap, Surabaya serta Semarang. Dalam acara bertajuk ‘Liburan Seniman’ di Kampung Edukasi Watu Lumbung digelar diisi pameran lukisan dari seniman DN Koestolo seri lukisan pahlawan, pameran pernik-pernik nusantara, pameran ecoprint, termasuk parade baca puisi oleh 10 seniman dari berbagai di Nusantara.

Sejumlah seniman dari Yogyakarta terlihat hadir menemani seniman dari sejumlah daerah diantaranya Merit Hendra, Sitoresmi Prabuningrat, Dewo PLO. Ada pula Mbah Darmo, Seppa Darsono dan sejumlah seniman lain.

Liburan seniman diawali penampilan tari di jalanan sambil mengarak wayang raksasa Garuda Pancasila. Kemudian dilanjutkan dengan parade baca puisi Antologi Plengkung  diawali seniman Merit Hendra, sedang Sitoresmi Prabuningrat yang membacakan puisi karya Gusnas yang bercerita tentang Yogyakarta dulu dan kini mendapat apresiasi dari seniman nusantara.

Sementara itu Pengelola Kampung Edukasi Watu Lumbung, Muhammad Boy Rifai mengatakan acara penyambutan puluhan seniman dikemas dalam sebuah acara sederhana namun meriah dan berkesan.

Kasi Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi SE, Senin (20/12/2021) mengungkapkan pada penghujung tahun 2021 gelombang wisatawan terus mengalami peningkatan, bahkan sejumlah objek wisata di Bantul padat pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia.

“Data pengunjung pada 17-19 Desember 2021 jumlah wisatawan mencapai 35.568 dengan pendapatan Rp 345.884.000. Jumlah tersebut kami himpun dari semua objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, ” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI