Serunya Belajar Membatik di “Batik To The Moon”

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Selain berbelanja dan menyaksikan fashion show batik di acara Jogja Kota Batik Dunia 2017 “Batik To The Moon”, ternyata para pengunjung yang hadir di Jogja Expo Center (JEC) 25-29 Oktober 2017 bisa merasakan pengalaman lebih tentang cara membatik. Beberapa stand yang ada di JEC sengaja mengusung peralatan membatik untuk memberikan pengalaman baru sekaligus menumbuhkan kecintaan akan batik pada pengunjung yang hadir. 

Seperti terlihat di sela pembukaan Rabu (25/10/2017) hari ini di mana para siswa dari beberapa sekolah terlihat antusias menggoreskan canting di atas kain putih yang telah disiapkan penyelenggara. Meski tak terlalu jelas motif apa yang dibuat, namun anak-anak tersebut terus saja berkreasi di selembar kain yang dipegangnya. 

Salah satu yang terlihat begitu serius yakni Rizki siswa kelas 5 SD yang datang datang bersama rekan satu kelasnya. “Ingin belajar membatik saja, kelihatannya mudah tapi ternyata cukup sulit, harus konsisten dan teliti,” ungkapny tersenyum. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Budi Antono mengungkap agenda Batik To The Moon memang sengaja dibuat untuk semakin memasyarakatkan batik untuk semua kalangan baik di dalam maupun luar negeri. “Salah satunya dengan diadakannya stand belajar membatik bagi pengunjung,” terangnya. 

Penyelenggara berharap, dengan acara belajar membatik di Batik To The Moon ini, masyarakat bisa semakin tertarik belajar salah satu kebudayaan yang ternyata sudah dinyatakan sebagai warisan budaya dunia. “Harpannya siapa saja yang datang bisa tertarik dan kemudian mencoba lalu mencintai batik sehingga industri batik di Yogyakarta ini terus berkembang tidak hanya jadi warisan budaya di atas menara yang menakutkan,” ungkapnya. 

Nah, tertarik belajar membatik atau mempelajari seluk beluk batik Jogja? Coba saja datang ke JEC hari ini hingga 29 Oktober 2017.(Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI