Siapkan Programer Handal Masa Depan SMK N 1 Sanden Luncurkan Jurusan RPL

Editor: Ary B Prass

SANDEN, KRJOGJA.com – SMK N 1 Sanden Kabupaten Bantul  melaunching kelas industri jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Rabu (16/2/2022).   Puluncursan dilakukan oleh Wakil Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DIY, Drs Suhirman MPd.  Program RPL SMK N 1 Sanden merupakan kerjasama dengan PT Educa Studio Gamelab Indonesia.
Ketua Program Studi Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)  SMK N 1 Sanden, Bukhori Sulistyanto S Kom MM, disela peluncuran jurusan RPL mengatakan,   jika RPL merupakan kelas industri yang merupakan satu paket kegiatan dimana akselerasinya bekerjasama dengan pihak industri. Tujuannya ialah untuk mewujudkan kurikulum berbasis industri.  Hal tersebut menjadi satu tekad berkaitan dengan masa depan anak-anak. Sehingga nantinya setelah lulus bisa terserap ke dunia usaha dan dunia industri.
“Hal ini akan menjadi Barometer kami terutama jurusan rekayasa perangkat lunak mengingat skill dari anak-anak itu akan selaras dengan kebutuhan dari dunia usaha dan dunia industri,” ujar Bukhori. Dalam acara itu juga dihadiri Kepala SMK N 1 Sanden Kawit, S.Pd MT, CEO PT Educa Studio Gamelab Indonesia Andhi Taru NNW S Kom MCs.
 Oleh karena itu, dengan adanya kerjasama SMK N 1 Sanden jurusan RPL dengan PT Educa Studio diharapkan keterserapan siswa  kepada dunia usaha dan dunia industri makin tinggi.  Karena hal tersebut bakal jadi input yang  dapatkan, sekaligus jadi pemasaran bagi tamatan SMK N 1 Sanden.
Terkait dengan adanya sinkronisasi kurikulum, SMK N 1 Sanden sudah punya tahapan yang namanya persamaan persepsi antara kurikulum yang ada di dunia usaha dan kurikulum di SMK N 1 Sanden terutama jurusan RPL. Dengan program RPL tersebut nantinya anak-anak bisa menciptakan game sendiri. Baik untuk perusahaan atau untuk mandiri bisa dijual bebas. “Dengan program ini  nanti kita harapkan terwujudnya programmer- programmer handal,” ujarnya.
Bukhori mengatakan,  pihaknya sudah menyamakan kurikulum sekolah dengan permintaan dari industri.  Sehingga sarana prasarananya  sudah sesuai dengan memiliki software dunia usaha dan industri.  (Roy)

BERITA REKOMENDASI