Silaturahmi dan Dialog, Wujudkan Kerukunan Umat Beragama

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Kantor Kemenag Bantul menggelar ‘Knowlage Sharing Aktor-aktor Kerukunan Umat Beragama’ di Gabusan Jalan Yogya – Parangtritis, Kamis (17/06/2021). Kegiatan tersebut sebagai sarana silaturahmi dialog dan diskusi untuk mewujudkan kerukunan umat beragama di Bantul.

Pranata Humas Kantor Kemenag Bantul, H Ponijo SAg MPdI selaku ketua penyelenggara melaporkan, knowladge sharing tersebut diikuti Forkompimkap Kapanewon Jetis, tokoh lintas agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapanewon Jetis Bantul. “Kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan peran  tokoh agama dalam menjaga dan memelihara kerukunan serta sebagai langkah antisipasi terhadap timbulnya konflik antar umat beragama,” papar Ponijo.

Sementara Kepala Kemenag Bantul, H Aidi Johansyah mengemukakan moderasi beragama adalah tanggungjawab bersama. Tidak mungkin berhasil menciptakan kerukunan hanya dilakukan oleh perorangan atau instusi tertentu saja, seperti Kemenag.

“Kerja sama itu perlu, juga saling bergandengan tangan , mulai dari masyarakat luas, pegiat pendidikan, ormas keagamaan, media, para politisi, dunia birokrasi dan aparatur sipil negara,” ungkap Aidi.

Kepala Badan Kesbangpol Bantul, Drs Fatoni menekankan kondisi Bantul tidak dipungkiri dalam kehidupan masyarakat yang majemuk, masih dijumpai potensi terjadinya konflik antar umat beragama. Untuk itu perlu dilakukan adanya deteksi dini.

Sedangkan Dr Iman Muhsin MAg pengurus FKUB Bantul menyampaikan materi penguatan moderasi beragama. “Moderasi beragama harus kita jadikan sarana mewujudkan kemaslahatan kehidupan  beragama dan bangsa yang rukun,” pungkasnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI