Sindikat Pencuri Traktor Roboh Didorr

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Buser Polres Bantul Polda DIY berhasil meringkus sindikat pencurian traktor. Tiga tersangka sudah diamankan dalam kasus itu yakni Sr (66) warga Ngledok Gowok Caturtunggal Depok Sleman, Sp (40) warga Gadingsari Tirtomartani Kalasan Sleman dan Sy (35) warga Sangkrah Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Dalam kasus tersebut petugas menyita barang bukti dua buah mesin traktor bajak sawah, tiga kunci pas, tiga kunci ring, dua buah tang dan Daihatsu Xenia AD 84 70 NU. 

Kapolres Bantul AKBP Wahcyu Tri Budi Sulistiyono didampingi Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Riko Sanjaya SIK SH mengatakan, kawanan pencuri traktor tersebut disergap petugas di simpang empat Ring Road Selatan dekat Mako Brimob Gondowulung, Kamis (05/12/2019) pagi. Sebelumnya petugas menerima laporan dari Munawar (50) warga Soge Srigading Sanden Bantul dan Widarto (40) warga Kurahan  Murtigading Sanden Bantul jika mesin traktornya hilang ketika ditinggal di sawah.

Baca juga :

Siap – siap! Libur Nataru, Yogya Diprediksi 'Mbludak'
Waspada! Hujan-Angin Kencang Masih Berpeluang Terjadi di Jogja

Mendapat laporan tersebut, Tim Buser Sat Reskrim Polres Bantul dipimpin Iptu Supriyadi SH menyelidiki di lapangan. Tim bergerak cepat menyisir di sepanjang Jalan Samas, Jalan  Bantul hingga Ring Road Selatan. Kemudian di Ring Road Selatan petugas mencurigai adanya mobil warna putih melintas.

Merasa curiga petugas mengejar hingga perempatan Simpang Empat Gondowulung. Dalam pengejaran itu, Tim Buser berulang kali meletus kan senjata api untuk menghentikan laju kendaraan. Para pelaku tidak menghiraukan dan mereka tancap gas, mobil berhenti  setelah ditembak dipintu sisi kiri.

Dalam penyergapan itu, tiga pencuri traktor langsung dibekuk dan disita dua unit mesin traktor didalam mobil. Tidak hanya itu petugas juga menembak Sp lantaran melarikan diri dalam penyergapan itu.

Sebelum pencurian terjadi tersangka Sp siangnya melakukan survei lapangan melintasi Jalan Samas sehingga arah Pantai Parangtritis. Kemudian masuk Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) dan melihat traktor di sawah serta ditinggalkan pemiliknya," kata Riko Sanjaya di Mapolres Bantul, Senin (09/12/2019).

Informasi itu kemudian disampaikan kepada Sr dan Sy. Pada Kamis malam tersangka tiga tersangka berangkat dari tambal ban milik Sr timur UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk menuju lokasi mesin traktor berada. Kemudian Sr dan Sp turun ke sawah sementara Sy menunggu di SPBU Pandak. Setelah  mesin traktor diangkat Sy diminta segera menuju sawah untuk membawa barang curian itu. (Roy)

BERITA REKOMENDASI