Siswa MTsN 6 Bantul Jual Ciplukan Via Online

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Era pandemi justru memotivasi guru SBK MTsN 6 Bantul untuk melakukan inovasi di bidang pemasaran produk olahan makanan dan minuman karya para siswa. Sedang produk yang mereka hasilkan antara lain ‘Ciker Matsanaba’ (ciplukan kering Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bantul), jus markisa, ‘black forest’ matsanaba, air mineral Matsanaba dan marmalade markisa Matsanaba.

Pemasaran dilakukan secara online dari kantin madrasah oleh para siswa terpilih dari kelas VII-IX. Mereka dikomando Fauka Nurul, guru SBK MTs Negeri 6 Bantul.

Media yang digunakan beragam, mulai whatsapp, instagram, facebook, dan poster-poster penjualan. Hasilnya, sudah ratusan pesanan mengalir dari guru, pegawai, para siswa, dan juga kolega dari luar MTs Negeri 6 Bantul.

Semua bahan yang digunakan untuk mengolah produk Matsnaba adalah hasil panen sendiri. Di pojok dekat musala markisa dan ciplukan tumbuh subur dan dipanen setiap saat untuk bahan baku pembuatan jus markisa Matsanaba, Ciker Matsanaba, dan toping blackforest Matsanaba. Program ini sangat mendukung upaya madrasah menuju madrasah adiwiyata dan madrasah sehat yang diintervensi langsung oleh BPOM DIY.

“Saya bahagia melihat semangat para siswa dalam berwirausaha. Aktivitas ini sangat mendukung jiwa entrepreneur mereka. Memang, tidak semua siswa memiliki kesenangan menekuni materi-materi akademik. Karena itu, bakat dan kesenangan anak-anak di bidang masak-memasak kami salurkan. Saya hanya berharap, bekal dari madrasah ini akan dapat dikembangkan hingga perguruan tinggi, bahkan saat para siswa harus terjun di dunia kerja,” ungkap guru yang tinggal di Jetis ini.

Kepala MTs Negeri 6 Bantul, Mafrudah sangat mendukung program yang telah digagas oleh koordinator kewirausahaan dan kesejahteraan sekaligus guru SBK itu. “Saya sangat kagum dengan ketelatenan guru SBK ini. Selalu saja ada inovasi yang beliau ciptakan. Sudah banyak karya sebelumnya seperti batik shibori, batik ecoprint, gantungan kunci dari palem, dan hiasan dinding. Semua karya itu bisa kita lihat di ruang koleksi keunikan perpustakaan de’ Talenta Lib MTs Negeri 6 Bantul,” paparnya. (Fie)

BERITA REKOMENDASI