Siswa SMP N 2 Banguntapan Deklarasi Anti Klitih

Editor: KRjogja/Gus

BANGUNTAPAN, KRJOGJA.com – Sejumlah langkah ditempuh untuk memerangi fenomena klitih yang merebak akhir-akhir ini. SMP N 2 Banguntapan Bantul bahkan menggelar deklarasi anti klitih, Senin (27/1). 
Dengan gerakan tersebut diharapkan mampu mencegah aksi klitih. Karena Yogyakarta sebagai kota pendidikan, budaya dan wisata sangat terganggu dengan munculnya fenomena klitih itu.

“Yogyakarta yang notabene sebagai kota pelajar, budaya dan wisata tentu sangat memprihatikan dengan fenomena klitih itu, oleh karena itu deklarasi anti klitih di SMPN 2 Banguntapan ini harus didukung,” ujar Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko MPd MM Par didampingi Kepala SMPN 2 Banguntapan, Purwanto MHum.

Dalam deklarasi juga dihadiri, Camat Banguntapan Drs. Fauzan Mu'arifin, Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH, Ketua Komite Sekolah SMPN 2 Banguntapan, Drs Ahmad Lutfi Bhisya, Lurah Desa Banguntapan Basirudin.

Menurut Isdarmoko, serangkaian peristiwa klitih sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, dengan segala daya dan upaya menjaga mereka sebagai generasi dari dari pengaruh negatif klitih. Dengan dilaksanakan deklarasi anti tawuran, anti geng, anti kekerasan anti bullying dan anti klitih ini sebagai upaya pencegahan.

“Kita prihatin jangan sampai klitih kembali terjadi, karena hal ini memalukan dan sangat disayangkan,” ujarnya. Isdarmoko mengatakan, lewat pergerakan dan deklarasi di SMP N 2 diharapkan menginspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Bantul.  

Sementara Kapolsek Banguntapan Bantul, Kompol Suhadi mengatakan, beberapa langkah dilakukan untuk memerangi klitih. Mulai dari pemeriksaan rutin disejumlah ruas jalan di Banguntapan  hingga memberikan edukasi dilapangan. “Pekan lalu jajaran Polsek Banguntapan berhasil menggagalkan aksi perkelahian antar sekolah di Banguntapan,” ujarnya.

Sejauh ini klitih tidak hanya merebak di sekolah tingkat SMA/SMK, siswa SMP juga rawan dengan pengaruh klitih.  Dalam deklarasi tersebut, semua siswa membubuhkan tandatangan. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI