Siswa SMSR Magang Industri Secara Daring

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Adanya pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir dan kebijakan penundaan kegiatan PKL karena adanya PPKM menjadikan sebuah dilema bagi SMK, khususnya siswa di SMKN 3 Kasihan atau SMSR Yogyakarta yang akan menjalani tugas PKL.

Tetapi karena tugas PKL merupakan tugas dan tuntutan bagi siswa SMK, maka menjadikan pandemi bukan halangan untuk meningkatkan kompetensi. Siswa SMSR Yogyakarta menjalani magang industri secara Daring. Untuk PKL akan dijalani bulan Agustus sampai Desember 2021.

Menurut Wakil Kepala SMSR Yogyakarta bidang Humas dan Kerjasama Idustri dan Dunia Kerja (Iduka), Gunawan SSn MPd ,Rabu (11/8), tuntutan peningkatan kualitas lulusan siswa SMK agar kompeten di bidang keahliannya menjadi alasan utama bagaimana sekolah kejuruan atau SMK harus selalu meningkatkan mutu pembelajaran untuk peserta didiknya. Maka program PKL yang selama ini menjadi salah satu ciri khas sekaligus keunggulan dari SMK sebagai ajang kompetensi dan menimba pengalaman kerja yang sebelumnya terjun ke dunia kerja harus dijalani.

“Tujuan PKL yang tertuang dalam Permendikbud no 50 tahun 2020, diantaranya menumbuhkembangkan karakter dan budaya kerja profesional pada siswa, meningkatkan kompetensi siswa sesuai kurikulum kebutuhan dunia kerja,” paparnya.

Sejumlah siswa SMSR telah diterima magang di sejumlah perusahaan . Ada pula siswa jurusan DKV dan Animasi berhasil diterima magang melalui jalur seleksi perusahaan layaknya melamar kerja di sebuah perusahaan sebagai Content creator dan graphic designer.

“Magang untuk siswa SMK tentunya menjadi salah satu hal yang vital dalam mendukung program pemerintah Link dan Match antara SMK dan industri, sehingga lulusannya dapat diterapkan di industri dan dunia kerja . Serta tidak menutup kemungkinan untuk berwirausaha,” pungkas Gunawan. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI