SMAN 1 Dlingo Gelar Parade Senja Budaya Nusantara

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sejumlah kegiatan digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-22 SMA N  1 Dlingo Bantul. Selain kegiatan bersifat internal atau diikuti siswa,  keluarga besar SMAN 1 Dlingo  juga menggelar pengajian akbar hingga, fun bike,  pawai parade senja dengan mengangkat tema budaya nusantara. Momentum membahagiakan tersebut juga diresmikan Masjid Nurul Ikhwan oleh  Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul, Suhirman MPd.

"Momentum HUT ini tentunya jadi pijakan kami untuk meningkatkan kualitas disemua aspek, baik dari sisi akademis juga dari pembentukan karakter religius," ujar Kepala SMAN 1 Dlingo Bantul Isti Fatimah MPd, Selasa (28/01/2020).

Jelaskan, rangkaian kegiatan sudah dimulai Jumat pekan lalu. Mulai kegiatan fun bike yang diikuti masyarakat umum di Kecamatan Dlingo dan sekitarnya. Kemudian pengajian akbar dengan pembicara H Anshori dari Solo. Sedang acara spektakuler yang baru pertama kali yakni parade senja menampilkan kreativitas siswa mengangkat tema budaya nusantara.

"Dalam parade senja itu, semua siswa kami bebaskan untuk berekspresi, tetapi harus menonjolkan budaya-budaya yang ada di Indonesia. Mereka tidak sekedar jalan sekitar pawai, tapi juga menggelar sebuah pertunjukan di tempat strategis atau di depan Kecamatan Dlingo," ujar Isti.

Terkait pengajian yang dihadiri ribuan orang sekaligus menjadi syiar bagi SMAN 1 Dlingo. Bahwa keberadaan masjid yang baru selesai dibangun itu juga diperbolehkan untuk masyarakat umum.

"Pembangunan masjid ini saya melanjutkan program Bu  Wiwik Heruriyanti, kepala SMAN 1 Dlingo sebelumnya,  kami juga dibantu oleh keluarga besar SMAN 1 Dlingo,  siswa, wali siswa, guru karyawan hingga donatur," ujarnya.

Dengan diresmikannya masjid tersebut paling tidak bisa menjadi awal pembentukan karakter siswa SMAN 1 Dlingo yang religius dengan agama sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. (Roy)

BERITA REKOMENDASI