SMAN 1 Sewon Tuntaskan Vaksinasi Siswa

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – SMAN 1 Sewon menggelar vaksinasi massal bagi siswanya. Kegiatan yang digelar di komplek SMA setempat Kamis (2/9) , bekerjasama dengan Kodim 0729 Bantul dan didukung 20 Nakes Vaksinator dari Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa PK ) TNI yang bermarkas di Akmil Magelang.

Menurut Kepala SMAN 1 Sewon, Drs Yati Utami Purwaningsih, M.Pd, vaksinasi massal di SMAN 1 Sewon ini bertujuan menuntaskan pelaksanaan vaksin bagi siswa, untuk membantu pemerintah dalam upaya pencapaian herd immunity dan persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Jumlah siswa di SMAN 1 Sewon saat ini ada 1075 siswa, tetapi yang sudah divaksin di luar sekolah ada 300 siswa, sehingga sekitar 700 siswa mengikuti vaksinasi massal, Kamis (2/9). Karena kouta vaksin sebanyak 1000, kelebihannya untuk siswa SMAN 2 Banguntapan dan masyarakat umum.

Dikatakan, vaksinasi merupakan garda terdepan dalam melawan penularan Covid. Karena itu dengan vaksinasi siswa di SMAN 1 Sewon ini diharapkan mampu membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity di sekolah, sehingga siap menghadapi persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Sementara PLT Kepala Balai Dikmen Bantul, Dra Triana Purnamawati MM yang menghadiri vaksinasi massal di SMAN 1 Sewon mengemukakan, untuk persiapan menghadapi pelaksanaan PTM , diharapkan semua komponen sekolah, dari siswa, guru, hingga penjaga sekolah segera menjalani vaksinasi. “Sehingga ketika sekolah sudah diperbolehkan menjalani pembelajaran tatap muka, semua siswa sudah mempunyai kekebalan Covid,” papar Drs Triana.

Siswa SMA dan SMK di Bantul saat ini berjumlah 33.000 lebih. Sampai awal September ini baru sekitar 20 persen yang sudah menjalani vaksin. “Karena itu kami dibantu TNI- Polri pempunyai program Buru Covid untuk pencapaian target vaksinasi bagi siswa SMA- SMK di Bantul yang diupayakan Oktober – Nopember 2021 sudah tuntas,” katanya.

Sedangkan Serka Kejar Ristopo selaku pengasuh Nakes Sepa PK TNI menambahkan, 20 personel Vaksinator yang terdiri 15 dokter dilengkapi apoteker dan perawat siap membantu percepatan vaksin di Bantul. (Jdm)

 

 

BERITA REKOMENDASI