SMK N 1 Sewon Berkolaborasi dengan Dunia Usaha

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJogja.com – SMK N 1 Sewon Kabupaten Bantul terus membangun kemitraan dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Langkah tersebut diambil sebagai salah satu komitmen untuk mempersiapkan lulusan sekolah tersebut siap bersaing di dunia kerja.

Kepala SMK N 1 Sewon Bantul, Widada, MPd, Jumat (3/12) mengatakan, komitmen DUDI untuk pemanfaatan fasilitas bersama dan penyerapan lulusan. Sehingga selama proses pembelajaran di sekolah sudah disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha. Menurutnya berkolaborasi dengan dunia usaha punya peran sangat strategis untuk mempersiapkan lulusan.

Pada prinsipnya setelah bersinergis dengan dunia usaha, tahapan memberikan bekal kepada siswa sudah disesuaikan dengan kebutuhan riil dilapangan. “Dalam program tersebut juga digelar pameran produk dan best practice pelaksanaan pembelajaran pada SMK pusat keunggulan (PK),” ujar Widada.

Sebelumnya SMK N 1 Sewon juga menandatangani MoU pelaksanaan komitmen DUDI. Fokusnya untuk rekruitmen dan penyaluran lulusan serta pemanfaatan fasilitas bersama. Dalam acara tersebut dihadiri
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Didik Wardoyo SE, M.Pd,  Konsultan Ahli Direktorat Kemendikbud Ristek Dra Ni Wayan Suwithi, MM.

Widada mengungkapkan, tujuan program tersebut ialah, menjalin kerjasama dengan DUDI lewat link and match dengan menerapkan 8+i, mendukung penguatan pembelajaran berbasis produk, menyiapkan lulusan SMK untuk menjadi wirausahawan. (Roy)

BERITA REKOMENDASI