SMKN 1 Kasihan Lahirkan Bibit Seniman

Editor: Ivan Aditya

BANTUL (KRjogja.com) – Kemeriahan sangat terasa dalam puncak perayaan HUT ke-55 KONRI-SMKI Yogyakarta-SMKN 1 Kasihan Bantul di Pendopo Widi Widhana, Kamis (10/11/2016) malam. Ratusan siswa/siswi SMKN 1 Kasihan dan alumni berbaur dalam nuansa keceriaan berbalut aroma khas tradisi Jawa.

"Baik siswa/siswi maupun alumni SMKN 1 Kasihan menjadi aset dalam bidang seni dan budaya dari manapun mereka berasal. Karena itu kami tentu berharap semua dapat mengamalkan kemampuan yang dimiliki untuk kemajuan seni budaya di manapun mereka berada," tutur Kepala SMKN 1 Kasihan Bantul Drs Sunardi MPd.

Namun demikian Sunardi menyadari masih banyak kekurangan untuk melahirkan tokoh-tokoh di bidang seni budaya melalui pendidikan formal di SMKN 1 Kasihan. Karena itu pihaknya akan mengoptimalkan pembelajaran serta mendorong alumni untuk terus memupuk kemampuan di dunia seni budaya.

"Harapannya bukan cuma sampai HUT ke-55 saja. Tapi juga nanti bisa 100 tahun, 200 tahun dan seterusnya keberadaan SMKN 1 Kasihan tetap lestari," ucap Sunardi.

Ia juga mencontohkan dedikasi yang diberikan alumni baik sejak bernama KONRI maupun SMKI Yogyakarta hingga SMKN 1 Kasihan tetap tinggi. Terbukti ketika pihaknya mencari 55 penari kolosal, justru yang mendaptar tidak kurang 126 orang. "Itu bukti kecintaan pada SMKN 1 Kasihan Bantul," tukas Pak Nardi.

Sedang Assek III Setda Bantul Sunarto SH MM mewakili Bupati Bantul memberikan apresiasi tinggi setelah SMKN 1 Kasihan Bantul mampu menelurkan banyak seniman berbakat yang mampu berprestasi di kancah lokal, nasional maupun internasional. Pihaknya berharap prestasi tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan karena merupakan kebanggaan bangsa dan negara.

Sementara dalam puncak peringatan HUT ke-55 KONRI-SMKI Yogyakarta-SMKN 1 Kasihan Bantul tersebut diawali dengan konser karawitan yang diperkuat alumni lintas angkatan. Mereka menghadirkan komposisi yang apik didukung kemahiran dalam olah kridhaning gamelan.

Semarak acara makin berwarna dengan hadirnya seratusan penari putri yang sulistya ing warni membawakan Tari Golek Lambangsari. Mengenakan kebaya merah muda, penari-penari yang kesemuanya alumni KONRI-SMKI Yogyakarta-SMKN 1 Kasihan dari berbagai angkatan ini membawakan tari karya KRT Sasmintadipura dengan gemulai.

Setelah itu berturut-turut giliran siswa/siswi SMKN 1 Kasihan Bantul membawakan karya-karya garapan yang sempat menorehkan prestasi tinggi, seperti Tari Ramadayapati yang mampu Juara I Nasional, Teater 'Korupsi, Haiya…', Tari Baswara Jajar dan lainnya. (R-7)

BERITA REKOMENDASI