SMP N 1 Banguntapan Luncurkan Sekolah Ramah Anak

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 SMP N 1 Banguntapan Bantul harus dijadikan momentum evaluasi diri. Sehingga dalam menatap ke depan sekolah semakin maju dan berkembang disemua aspek, termasuk dalam penguatan pendidikan karakter kepada siswa. Dalam HUT tersebut juga digelar upacara apel kirab dengan tema ‘Pendidikan Karakter Berwawasan Lingkungan Hidup’.

"Pendidikan karakter itu sangat penting bagi siswa, meski era sekarang  sudah modern seperti ini, sekolah tetap harus peduli pada budaya lokal ," ujar Drs H Suharsono usai menjadi inspektur upacara dalam rangka HUT SMP N 1 Banguntapan Bantul, Minggu (01/04/2018). Dalam acara itu juga dihadiri Kepala SMPN 1 Banguntapan H Wiharno MPd, Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Banguntapan Pricilla Ayu dan sejumlah tamu undangan.

Suharsono minta siswa untuk memanfaatkan waktu untuk belajar. Siswa sudah saatnya mampu mengatur waktunya untuk belajar dan bermain. "Kesenangan hari ini harus bisa ditunda atau dikendalikan untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang," ujarnya.

Sekolah sebagai tempat menuntut ilmu harus ditopang kondisi rumah yang selalu kondusif. Orang momor satu di Bantul ini juga mengingatkan, sekolah jangan sampai sekadar pada orientasi nilai. Namun budi pekerti kepada anak harus selalu dibangun.

Dengan kondisi seperti itu tentunya peran orang tua dalam hal ini keluarga harus mengambil posisi terdepan. Tidak dipungkiri jika keberhasilan anak dimulai dari lingkungan keluarga, pengawasan orang tua tidak boleh diabaikan.

Sementara Kepala SMP N 1 Banguntapan, H Wiharno mengatakan rangkaian HUT kali ini meliputi tryout, bakti sosial dengan sasaran warga dan siswa kurang mampu, tirakatan, lomba dimas diajeng. Selain itu juga digelar  kirab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat jika SMPN 1 Banguntapan menjunjung budaya lokal. “Bertepatan dengan hari ulang tahun ini juga kami luncurkan program sekolah ramah anak,” jelasnya.

Dalam sekolah ramah anak itu, konsepnya hak-hak anak terpenuhi. Mulai dari ketersediaan lokasi nyaman dan aman hingga tidak adanya tindak kekerasan serta sejumlah fasilitas lainnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI