SMSR Yogya Pamer Seni Kriya

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – SMKN 3 Kasihan Bantul atau SMSR Yogyakarta menggelar pameran seni kriya bertajuk Cenderahati Putra Bakti selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis (21-23/12/2021) di Galery SMSR Jalan Bugisan. Pameran ini merupakan agenda tahunan yang sudah menjadi tradisi guru, terutama untuk guru yang memasuki purna tugas.

Menurut Kepala SMSR Yogyakarta Sihono SPd, tahun 2021 ini yang memasuki purna tugas Dra H V Dwi Heningjayanti didukung guru kriya, meliputi guru kriya tekstil, kriya kayu dan kriya keramik, juga alumni SMSR senior serta rekan seniman seperti Nasirun.

Beberapa guru kriya dalam pameran ini menampilkan karya -karya spektakuler, sebagai guru kriya tidak sekedar membuat karya yang hanya diajarkan kepada siswanya, yang pada umumnya dengan ukuran terbatas. Tetapi kali ini dengan ukuran yang bebas, bahkan volemenya besar.

“Apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini karena pembelajaran dilakukan secara daring maka aktivitas di sekolah berkurang. Sebagai guru tidak lantas diam, tetapi kondisi ini dimanfaatkan untuk berkarya mandiri. Tentu ini akan membuat takjub mengunjung, khususnya dikalangan peserta didik dan dapat menguatkan motivasi belajar karena mempunyai guru kriyawan yang kompetensinya tidak diragukan lagi,” ungkap Sihono.

Kepala Dinas Dikpora DIY, Didik Wardaya SE MPd mengapresiasi atas diselenggarakannya pameran seni kriya ini. Didik Wardaya berharap, penyelenggaraan pameran sebagai penghormatan dan apresiasi bagi guru yang memasuki purna tugas dengan diberi kesempatan menyelenggarakan pameran seperti ini menjadi sebuah tradisi baru bagi SMKN 3 Kasihan untuk waktu-waktu mendatang.

Sementara Dr Drs Timbul Raharjo MHum selaku kurator menuturkan, pameran ini sebagai pameran representasi kriyawan, meskipun dalam kerangka yang khusus dan spesial. Yakni terkait dengan purna bakti Dwihening Wijayanti sebagai subjek pematik terjadinya ruang apresiasi yang kemudian muncul kriyawan lain untuk mendapatkan support yang kenyataanya telah menyajikan kolaborasi artistik yang dikemas dalam Cenderahati Purna Bakti. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI