Soal Kasus Brambang Nawungan, Bupati Turun Gunung

BANTUL, KRJOGJA.com – Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih angkat bicara terkait belum dibayarnya bawang merah milik petani Nawungan Selopamioro senilai Rp 340 juta. Koperasi sebagai pihak ketiga yang ditengarai direkomendasi Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul diminta segera melunasi kekurangan. Sementara warga berharap dinas sebagai pihak yang mengenalkan dengan petani harus ikut tanggungjawab.

Halim minta para petani lebih berhati-hati ketika bertransaksi. Sehingga kasus yang dialami petani Nawungan tidak terulang. “Dengan pengalaman ini kita mengimbau petani agar berhati-hati saat bertransaksi. Karena pemerintah tidak mungkin melakukan pendampingan ke petani. Apalagi pendampingan sifatnya transaksi,” ujar Halim, Rabu (11/8/2021).

Halim mengatakan, pendampingan dari pemerintah kepada petani bisa dilakukan terkait produksi. Sementara urusan transaksional, pendampingan dari pemerintah sulit dilakukan. “Kalau menyangkut transaksi harian, per menit, per detik kan terjadi transaksi bebas dengan siapapun, sehingga petani harus hati-hati ke depannya,” jelas Halim.

BERITA REKOMENDASI