Srigading Komitmen Kembangkan Wisata Pantai Pengklik

Editor: Ivan Aditya

SANDEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa Srigading Kecamatan Sanden Bantul punya komitmen untuk mengembangkan objek wisata Pantai Pengklik Sanden. Kawasan tersebut sempat sebelumnya jadi objek wisata alternatif selain Pantai Samas. Namun belakangan ini eksistensinya terganggu setelah laguna pantai Pengklik mengalami pendangkalan. Sehingga perahu wisata di Pengklik tidak bisa beraktivitas.

“Pantai Pengklik selain mengedepankan pesona pantai, juga bisa naik perahu di laguna tersebut. Tetapi karena mengalami pendangkalan sejak beberapa waktu lalu tidak bisa beraktivitas,” ujar Lurah Desa Srigading Kecamatan Sanden Bantul, Wahyu Widada SE kepada KRJOGJA.com, Selasa (22/10/2019).

Baca juga :

Masyarakat Dukuh Gelar Kenduri Ageng
Angka Kemiskinan di Gunungkidul Ditargetkan Turun

Dijelaskan, sebenarnya Pemdes Srigading menginginkan agar dinormalisasi supaya Pantai Pengklik bisa berjalan kembali. Wahyu sangat optimis jika Pantai Pengklik bisa kembali normal dapat menghadirkan kesejahteraan bagi warga setempat.

Oleh karena itu, keberadaan Pengklik harus diintegrasikan dengan Pantai Samas. “Tentu baik Pantai Pengklik dan Samas harus bisa berkembang bersama,” ujar Wahyu.

Menurut Wahyu, kendati sekarang ini perahu di Pantai Pengklik tidak beroperasi, tetapi pengunjung masih bisa menikmati pemandangan alam lainnya. Termasuk jembatan bambu ditengah Laguna.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Drs Kwintarto Heru Prabowo SSos mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum sekalipun menerima surat permohonan agar dilakukan normalisasi di Laguna Samas. Persoalannya, terkait dengan normalisasi tentu Dinas Pariwisata tidak bisa sendiri.

Menurut Kwintarto, dalam memajukan wisata di Pengklik harus dilakukan berkesinambungan.  Mulai melakukan promosi wisata dan juga perbaikan prasarana. “Termasuk meningkatkan kualitas kuliner dan pelayanan,” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI