Stok Beras di Bantul Tetap Aman

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Perdagangan (Dindag) Kabupaten Bantul menggelar pasar murah dengan beberapa komoditas bahan pokok yang dijual. Pasar murah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Natal dan tahun baru. Sementara itu tujuh bulan ke depan, stok beras yang ada di Bantul dipastikan aman serta mencukupi.

Kepala Dindag Bantul Ir Subiyanta Hadi MM menuturkan pasar murah diadakan sebagai upaya menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok agar tetap terjangkau. Selain itu pasar murah diadakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam rangka menghadapi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Pasar murah di halaman Dindag kami gelar pada Jumat (21/12/2018) lalu bekerja sama dengan Bulog Divre DIY, PT Pertani dan beberapa distributor barang kebutuhan pokok," jelasnya.

Berapa barang kebutuhan pokok yang dijual di antaranya minyak goreng kemasan 1 liter seharga Rp 10.000, minyak goreng kemasan 2 liter Rp 20.000, tepung terigu kemasan Rp 7.500 per kilogram, serta beras premium kemasan Rp 51.500 per kilogram.

Selain itu di pasar murah juga disediakan bright gas dan aneka makanan olahan. "Pasar murah sudah dilaksanakan beberapa kali dan program rutin tiap tahun," imbuhnya.

Ditambahkan Subiyanta, beberapa komoditas bahan pokok ada sebagian yang mengalami kenaikan harga. Namun kenaikan harga tergolong masih wajar antara Rp 1.000 hingga Rp 3.000 per kilogram. Dua komoditas yang naik harga yakni cabai dan bawang merah.

Adapun untuk stok masih dinyatakan mencukupi. Sementara untuk beras, harga juga stabil. Bahkan stok beras sangat melimpah. "Stok beras saat ini bisa untuk tujuh bulan ke depan," ujarnya. (Aje)

BERITA REKOMENDASI