Stok Sembako di Bantul Dijamin Aman

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Libur sekolah dan Tahun Baru kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menjamin stok ketersediaan kebutuhan pokok dan sembako aman. Sementara dari sekian banyak komoditas, harga cabai mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Berdasarkan pantauan harga bahan pokok di Pasar Bantul, Jumat (29/12/2017), harga cabai mengalami kenaikan yang signifikan dari awalnya Rp 22 .000 perkilogram menjadi Rp 35.000 perkilogram. Komoditas lain yang mengalami kenaikan harga namun tidak signifikan yakni daging sapi dari Rp118.000 menjadi Rp120.000 perkilogram, daging ayam semula Rp 30.000 menjadi Rp 32.000 perkilogram.

Sementara untuk komoditas sayuran dan rempah-rempah seperti bawang merah maupun bawang putih harganya masih relatif stabil. Juminten, salah satu penjual sayuran mengatakan kenaikan harga saat liburan terutama Natal, Tahun Baru, puasa dan lebaran adalah hal yang biasa. "Kenaikan harga bahan pokok saat ini tidak mengalami lonjakan yang signifikan. Hanya yang tertentu saja, seperti cabai," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Subiyanta Hadi, mengatakan ketersediaan bahan pokok aman dan mencukupi hingga satu bulan ke depan. "Terkait stok kebutuhan pokok relatif aman, namun karena pasokan komoditas ke pasar-pasar di Bantul didatangkan dari luar Bantul bahkan luar DIY, maka untuk pendistribusiannya rentan terlambat karena akses macet di jalan atau hal lain," ujarnya.

Ditambahkannya, untuk cabai mengalami lonjakan harga lantaran didatangkan dari luar daerah seperti Magelang, Temanggung dan beberapa kawasan lain. Sementara petani cabai di Bantul saat ini belum memasuki musim panen. (Aje)

BERITA REKOMENDASI