Suara Gemuruh ‘Teror’ Warga, Pemerintah Diminta Bertindak

BANTUL, KRJOGJA.com – Munculnya suara gemuruh dari dalam perut bumi di Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul hingga kini belum diketahui secara pasti pemicunya. Warga setempat dan petugas kepolisian beberapa waktu lalu pernah menggali asal sumber suara dan diketahui ada jalur pipa air. Tetapi hingga sekarang belum diketahui secara pasti dari mana sebenarnya  sumber suara gemuruh itu.  

Suara Itu Tiba-tiba Muncul, Warga Pandak Dibuat Ketakutan

Kasi Pemerintahan, Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Supriyanto SE, Senin (26/3/2018) malam kepada KRJOGJA.com mengatakan, dugaan sementara suara gumuruh dari dalam perut bumi dipicu adanya pipa air di kawasan itu. Sehingga ketika jaringan tersebut ada pergerakan air memicu timbulnya suara.

Dijelaskan, sampai sekarang suara tersebut memang masih sering terdengar dalam durasi yang tidak bisa ditentukan. “Kadang lima menit sekali terdengar gluduk-gluduk suara yang timbul karena batu bertemu batu,” jelanya.  

Namun warga sampai sekarang masih  bingung, jika suara itu berasal dari pipa, tetapi suara tersebut juga diikuti getaran yang pemicunya seperti bertemunya batu dengan batu. “Terus terang warga sanksi jika suara itu  dari pipa, karena juga timbul getaran dan bisa dirasakan kaki, saya merasakan dan mendengar suara 'gemluduk' itu,” ujar Supriyanto.

Selain itu suara 'gemluduk' tersebut juga berpindah – pindah meski masih dalam  sekitar lokasi itu. Warga minta pemerintah segera turun tangan untuk memastikan sumber suara . "Warga sangat berharap pemerintah segara ambil tindakan, sehingga warga tahu apa yang sebenarnya terjadi," harapnya.(Roy)

BERITA REKOMENDASI