Suharsono Serahkan 492 IMB

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJAcom – Bupati Bantul, Drs H Suharsono menyerahkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk perkantoran pemerintah dan tempat peribadatan di Kabupaten Bantul, Kamis (17/01/2019). Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada pejabat yang membawai dan perwakilan tokoh agama, di gedung Mandhala Sabha Madya Pemkab Bantul.

Seluruhnya diserahkan 492 IMB, meliputi fasilitas umum Puskesmas 19 IMB, sekolahan 103 IMB, pasar 10 IMB, kantor pemerintahan 2 IMB, rumah ibadah 358 IMB, terdiri masjid 333 IMB, gereja Katolik dan Protestan 21 IMB dan untuk Pura 4 IMB. Bupati menegaskan, IMB merupakan salah satu instrumen dalam pengendalian pemanfaatan ruang.

IMB sebagai pintu pengendali tata ruang harus mempunyai alur dan landasan yang tepat serta mempunyai implementasi yang sesuai sasaran. Karena itu Bupati Bantul berharap, adannya penyerahan IMB ini akan memberikan semangat baru di dalam bekerja, serta ketenangan bagi masyarakat di dalam beribadah dan hidup berdampingan antar pemeluk agama.

"Penyerahan IMB ini tentunya merupakan hal yang positif dan bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Bantul di dalam menindaklanjuti surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Edaran Gubernur DIY, tentang penyusunan dokumen lingkungan bagi kegiatan pemerintah," jelasnya.

Menurut Bupati Bantul, keberadaan IMB salah satunya adalah untuk menghindari terjadi konflik yang berkaitan dengan administrasi. Perizinan bangunan dilakukan agar bangunan mendapatkan kepastian tidak mengganggu dan juga merugikan kepentingan orang lain. Sehingga apabila terjadi di suatu negara akan memberikan perlindungan.

Dengan penyerahan IMB ini juga diharapkan akan mampu memberikan pengaruh baik kepada masyarakat untuk tertib mengurus IMB, serta mampu melakukan pembangunan yang berwawasan lingkungan. (Jdm)

BERITA TERKAIT

Jalan Pleret – Banguntapan Diperbaiki

26 Februari 2020, 11:49:45 WIB

Sambut ‘Bali Baru’, Forum DTW Dibentuk

26 Februari 2020, 11:35:28 WIB

BPBD Siapkan Jalur Evakuasi Kawasan Rawan Longsor

26 Februari 2020, 11:29:30 WIB

Forum Peduli Buruh Sukoharjo Sidak Perusahaan

26 Februari 2020, 11:09:22 WIB