Sumbermulyo Genjot Pencapaian Herd Immunity

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kalurahan Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul, didukung Kodim 0729, Polres Bantul, Puskesmas maupun Forkompimkap Bambanglipuro dan Sonjo DIY mengadakan vaksinasi massal tahap 2 dengan penyediaan 2.000 dosis vaksin sinovac di Komplek SMK Muhammadiyah 1 Bambangliporo, Kamis (16/09/2021).

Vaksinasi massal ini merupakan upaya Pemerintah Sumbermulyo mengejar pencapaian Herd Immunity hingga mencapai 90 persen. Untuk 100 persen populasi ditarget Oktober 2022 sudah tuntas.

Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih didampingi Dandim Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan dan Wakapolres Bantul Kompol Noor Alam SIK ketika mengunjungi kegiatan tersebut mengungkapkan, dengan vaksinasi massal ini Sumbermulyo merupakan Kalurahan di Bantul yang pertama mampu meraih pencapaian target Herd Immunity yang hampir 100 persen dalam upaya penanganan Covid-19.

“Untuk tingkat Kapanewon, Bambanglipuro juga yang pertama berhasil meraih pencapaian Immunity di Bantul,” ungkap Bupati Bantul.

Menurut Halim percepatan pencapaian Herd Imunity ini berkat bantuan dari TNI-Polri yang terus gencar melakukan vaksinasi massal.Jika setiap hari bisa memvaksin 1.300 warga maka hanya memerlukan waktu 1 bulan Bantul bisa 100 persen tercapai Herd Immunity.

Pencapaian Herd Immunity juga untuk mengejar penurunan level PPKM dari level 3 turun ke level 2. Setelah ini, pada tanggal 20 September 2021 akan dilakukan uji coba PTM (Pembelajaran Tatap Muka) siswa SD dan SMP yang menjadi ranah Kabupaten,sedangkan untuk SMA menjadi ranah Provinsi.

“Karena sifatnya masih uji coba, nanti masuk sekolah seminggu dua kali dengan jumlah siswa 50 persen. Jika tidak terjadi hal yang mengkhawatirkan siswa maka pelaksanaan PTM bisa dilakukan sepenuhnya,” jelas Halim.

Sementara Lurah Sumbermulyo, Dra Ani Widayani MIP menambahkan, upaya pencapaian Herd Imunity ini untuk mengejar pemulihan sosial, ekonomi dan pendidikan di Bantul khususnya di Bambanglipuro.

“Kami berharap setelah tercapai Herd Imunity semua kegiatan sosial, ekonomi dan pendidikan pulih kembali. Yang ke pasar kembali ke pasar, yang ke sawah kembali ke sawah, yang belajar kembali belajar. Tetapi jangan trus evoria, kepatuhan Prokes tetap dijalankan,” pungkasnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI