Sumbermulyo Luncurkan Shelter Covid-19

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kalurahan Sumbermulyo Kapanewon Bambanglipuro Kabupaten Bantul melucurkan shelter tangguh Covid-19, Rabu (27/01/2021). Kebijakan tersebut sebagai komitmen dan tekad memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Shelter di SD Kaligondang Sumbermulyo tersebut mampu menampung 50 orang. Dalam peluncuran tersebut juga dihadiri Asisten Sekretaris Daerah (Asek) I Pemkab Bantul Hermawan Setiaji, Panewu Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa, M Kes, Kapolsek Bambanglipuro Polres Bantul Polda DIY, AKP Khabibbulloh SPdI MM.

Kepala Puskesmas Kapanewon Bambanglipuro, dr Tarsisius Glory mengatakan jika shelter yang didirikan pemerintah Kalurahan Sumbermulyo punya peran sangat penting untuk merawat masyarakat warga tanpa gejala Covid-19. Selain itu hadirnya shelter tersebut sebagai langkah paling efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita pisahkan warga yang bergejala ringan dari lingkungan dimasukkan ke shelter. Setelah pulih kita kembalikan lagi ke masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi pemerintah Kalurahan Sumbermulyo karena dalam tempo singkat mampu membuat shelter berkapasitas 50 bed. “Orang bergejala ringan harus masuk shelter dengan setiap kalurahan terdapat shelter akan sangat efektif memutus rantai Covid-19,” ujarnya.

Lurah Sumbermulyo, Ani Widayani mengungkapkan didirikannya shelter di Kalurahan Sumbermulyo mengikuti Surat Edaran (SE) Sekda Bantul. Selain itu relawan desa juga terus bergerak untuk memerangi penyebaran Covid-19.

“Kami pada awalnya mengkhawatirkan soal sarpras dan dana operasional shelter. Namun setelah berjalan partisipasi masyarakat sangat tinggi sekali. Kasur, jemuran hingga dispenser dan kebutuhan lainnya ditopang oleh warga yang peduli,” ujar Ani.

Hingga hari ke -5 ini, desa belum mengeluarkan anggaran untuk kebutuhan shelter tersebut, padahal sudah ada 9 orang melakukan pemulihan. “Pokoknya warga kami yang di shelter tidak usah memikirkan bagaimana kebutuhan makan dan lainnya. Kami sudah mengupayakan semuanya. Mereka kami minta untuk fokus dan tetap semangat sehingga kondisinya segera pulih,” ujarnya.

Dalam upaya memerangi wabah tersebut, Relawan Aman Covid-19 tingkat dusun
di Sumbermulyo terus berjalan. Mereka jadi ujung tombak untuk memerangi penyebaran Covid-19 tersebut.

“Shelter ini tentu sangat membantu pemerintah, karena shelter dari Pemda penuh, RS juga sudah tidak bisa menampung, sehingga shelter berperan sangat penting,” ujar Ani. (Roy)

BERITA REKOMENDASI